Virus Corona Jabodetabek

Hasil Penjangkauan, Pemkot Jakpus Fasilitasi Tempat Tinggal Sementara bagi 55 PMKS di GOR Benhil

Sebanyak 55 PMKS ini didapat dari hasil penjangkauan di beberapa titik wilayah Tanah Abang yang digelar pada Jumat (24/4/2020) malam.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Fred Mahatma TIS
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang terjaring penjangkauan petugas Satpol PP ditampung di GOR Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (24/4/2020) malam. 

"Kita melakukan penjangkauan terhadap mereka-mereka yang berada di pinggir jalan. Apakah itu pengemis, gelandangan termasuk manusia grobak. Malam ini kita dapatkan sebanyak 53 orang dewasa dan 2 anak-anak..."

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Pemerintah Kota Jakarta Pusat memberikan fasilitas tempat tinggal sementara kepada 55 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Gelanggang Olahraga (GOR) Benhil (Bendungan Hilir), Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebanyak 55 PMKS ini didapat dari hasil penjangkauan di beberapa titik wilayah Tanah Abang yang digelar pada Jumat (24/4/2020) malam oleh sejumlah petugas Satpol PP.

Penjangkauan PMKS ini dilakukan dari laporan adanya beberapa PMKS yang mangkal hingga tidur di trotoar hingga depan pertokoan yang telah tutup.

UPDATE Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Bogor Bertambah 4, Total Terbanyak di Gunung Putri

Pasien Covid-19 Bertambah, Kabupaten Bogor Kekurangan Tenaga Medis, Bupati: Akan Dirujuk ke Jakarta

Ingat, PSBB Kota Surabaya, Sebagian Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo Dimulai Selasa 28 April

Selain itu penjangkauan juga dilakukan menyusul adanya informasi mengenai warga yang terkena PHK yang tak sanggup bayar kontrakan hingga akhirnya menggelandang.

Pantauan Wartakotalive.com, petugas yang mendapati adanya PMKS yang mangkal di trotoar pun langsung dijangkau dan dimasukkan ke dalam mobil milik Dinas Sosial lalu dibawa ke GOR Bendungan Hilir.

Mereka yang terjaring sempat mengelak ketika akan dibawa petugas, mereka berdalih tidak menggelandang melainkan hanya bermain-main, namun adapula yang beralasan hanya keluar rumah untuk makan.

Tak hanya menjaring PMKS, petugas Satpol PP juga mengamankan puluhan gerobak yang mereka bawa.

Gerobak itu pun juga dibawa ke GOR Bendungan Hilir untuk dilakukan pendataaan.

Inilah 7 Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Banyak Manfaat dan Berpahala

Ini Madu yang Ampuh Bisa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Tip Berhubungan Intim di Bulan Ramadan Bagi Suami Istri, agar tetap Fit Menjalani Puasa

Rasa kemanusiaan

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan jika penjangkauan 55 PMKS ini dilakukan agar mereka mendapatkan tempat tidur yang lebih layak, dibandingkan harus menggelandang di emperan toko maupun trotoar.

"Kita melakukan penjangkauan terhadap mereka-mereka yang berada di pinggir jalan. Apakah itu pengemis, gelandangan termasuk manusia grobak. Malam ini kita dapatkan sebanyak 53 orang dewasa dan 2 anak-anak," kata Arifin di GOR Benhil, Sabtu (25/4/2020) dini hari.

Menurut Arifin, langkah yang dilakukan ini tak terlepas dari rasa kemanusian di tengah pandemi covid-19.

Sebab keberadaan mereka di jalan-jalan tentunya sangat rentan akan tertular covid-19.

Untuk itu GOR ini dapat dijadikan tempat tinggal sementara.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved