Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Operasi Ketupat Biasanya H-7 Hingga H+7 Kini Dimajukan Bersamaan dengan Jadwal Larangan Mudik

rgo Yuwono menegaskan terkait keputusan Pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran, tidak akan ada penutupan jalan tol dan jalan arteri.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Wito Karyono
Wartakotalive.com/Nur Ichsan
Suasana di Terminal AKAP Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (21/4/2020), masih dijumpai warga ibukota yang hendak pulang mudik ke kampung halamannya di sejumlah kota di Jawa dan Sumatera. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menegaskan terkait keputusan Pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran, tidak akan ada penutupan jalan tol dan jalan arteri.

"Polri memback-up penuh keputusan pemerintah ini. Dalam larangan mudik, kami tegaskan tidak ada penutupan jalan tol dan jalan arteri," kata Argo, Selasa (21/4/2020).

Namun ia memastikan bahwa Polri bersama TNI dan aparat pemerintah lainnya akan melakukan pengawasan untuk memastikan masyarakat tidak mudik.

Dukung Larangan Mudik, Sejumlah Pabrikan Otomotif Tak Dirikan Posko Siaga Mudik

Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Tiara Idol Batal Pulang Kampung ke Jember

"Jika ada masyarakat yang melakukan kamuflase, petugas akan mengetahuinya. Misalnya jika barang bawaan banyak, kemungkinan akan mudik dan diperiksa," kata Argo.

Terkait larangan mudik ini, kata Argo, pihaknya memajukan jadwal Operasi Ketupat.

"Yang biasanya operasi terpusat yakni Operasi Ketupat dilakukan mulai H-7 sampai H+7, maka dimajukan mulai hari pertama Ramadan sampai H+7," kata Argo.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan pasukan dalam apel Operasi Ketupat 2019 di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019). Tahun ini dimajukan bersamaan dengan larangan mudik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan pasukan dalam apel Operasi Ketupat 2019 di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019). Tahun ini dimajukan bersamaan dengan larangan mudik (Kompa.com/Murti Ali Lingga)

Ini artinya operasi ini dilakukan pada 24 April dimana larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah.

24 Sekolah dan 8 GOR Di Jakarta Timur Dialihfungsikan jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Dalam operasi ini, kata Argo, pihaknya bersama TNI dan instansi terkait akan membangun 2.583 pos pengamanan, pos layanan dan pos terpadu.

"Kami pastikan selama larangan mudik, distribusi logistik dan sembako berjalan seperti biasa dan kami kawal," kata Argo.

Ke depan Satgas Pangan Polri akan terus memantau lonjakan harga dan melihat ada tidaknya penimbunan bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved