Berita Depok

Festival Belimbing Depok, Lestarikan Produk Unggulan Belimbing Dewa Tingkatkan Ekonomi Petani Lokal

SEBAGAI upaya mendukung pelestarian produk lokal yang memiliki potensi ekonomi, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendukung penanaman belimbing dewa

Festival Belimbing Depok, Lestarikan Produk Unggulan Belimbing Dewa Tingkatkan Ekonomi Petani Lokal
Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Pemerintah Kota Depok hadirkan 'belimbing raksasa' dalam Festival Belimbing yang bertempat di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (10/3/2020). 

“Festival Belimbing Kota Depok dan pasar tani merupakan cara agar para pembudidaya belimbing di Depok tetap memiliki semangat dan harapan, agar manfaatnya bisa diketahui secara luas oleh masyarakat...”

SEBAGAI upaya mendukung pelestarian produk lokal yang memiliki potensi ekonomi, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendukung penanaman belimbing dewa.

Dengan begitu, masyarakat diajak untuk meyakini bahwa produk lokal pun memiliki kualitas terbaik.

“Melalui ajang festival belimbing ini, kita ingin membuktikan kepada masyarakat supaya lebih menyadari, memahami, dan mengakui bahwa produk petani Depok adalah produk berkualitas,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris saat membuka kegiatan Festival Belimbing di Balai Kota Depok, Pancroan Mas, Kota Depok Selasa (10/3/2020).

Namanya Muncul Jelang Pilkada, Internal Partainya Diisukan Pecah Suara, Begini Kata Yeti Wulandari

Dewan Pendidikan Kota Depok Dorong Trilogi Pendidikan Untuk Saling Bersinergi

Pemkot Depok Siapkan Call Center 24 Jam Untuk Warga Mengadu Mengenai Virus Corona

Warga antusias membeli Belimbing Dewa produk unggulan Kota Depok di ajang Festival Belimbing yang digelar di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (10/3/2020).
Warga antusias membeli Belimbing Dewa produk unggulan Kota Depok di ajang Festival Belimbing yang digelar di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (10/3/2020). (Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia)

Pemilihan belimbing dewa dikatakan Idris lantaran sudah menjadi produk unggulan Kota Depok sejak lama.

Itu sebabnya, Pemkot Depok berencana mengadakan pasar tani guna membantu para petani belimbing menjajakan hasil produksinya.

Di sisi lain, ini sekaligus untuk menjaga eksistenai buah lokal tersebut.

“Festival Belimbing Kota Depok dan pasar tani merupakan cara agar para pembudidaya belimbing di Depok tetap memiliki semangat dan harapan, agar manfaatnya bisa diketahui secara luas  oleh masyarakat,” tuturnya.

Pemerintah Kota Depok hadirkan 'belimbing raksasa' dalam Festival Belimbing yang bertempat di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (10/3/2020).
Pemerintah Kota Depok hadirkan 'belimbing raksasa' dalam Festival Belimbing yang bertempat di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (10/3/2020). (Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia)

Saat ini, kata Idris terdapat 20 Kelompok Tani (Poktan) belimbing dewa di Kota Depok yang tersebar di berbagai kecamatan.

Seperti di Kecamatan Pancoran Mas, Sawangan, Limo, Cimanggis, dan juga Tapos.

Idris berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memajukan pertanian di Kota Depok khususnya di komoditas belimbing.

“Sehingga belimbing tidak hanya menjadi produk yang dapat mengharumkan nama Depok, tapi juga bisa meningkatkan ekonomi petaninya,” paparnya.

 

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved