Kesehatan

Abbott Gelar Kampanye Tantangan Stand4Strength, Ini Risikonya Jika Anda Tak Mampu Melakukannya

PENELITIAN di Jepang tahun 2013 menunjukkan usia 40 merupakan awal di mana orang dewasa akan kehilangan massa otot sebanyak 8% setiap dekadenya.

Abbott Gelar Kampanye Tantangan Stand4Strength, Ini Risikonya Jika Anda Tak Mampu Melakukannya
Istimewa
Pandji Pragiwaksono – Selebriti (kiri ke kanan),  Arnaud Renard – President Directors of  Abbotts Product Indonesia, Dr Jose Rodolfo Dimaano Jr. -  Abbott Area Medical Director mengikuti  Challenge #Stand4Strength dalam peluncuran kampanye #Stand4Strength di  The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020). 

"Penelitian menunjukkan mereka yang tidak dapat melakukan tes ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk tidak bisa berjalan di usia 70 tahun ke atas..."

PENELITIAN di Jepang tahun 2013 menunjukkan usia 40 merupakan awal di mana orang dewasa akan kehilangan massa otot sebanyak 8% setiap dekadenya.

Penduduk usia lanjut ini juga berisiko lebih besar mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari seperti berjalan, naik tangga atau mengangkat benda di tahun-tahun berikutnya.

Indonesia, menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah orang dewasa terbanyak.

Tahun 2020 jumlah orang dewasa (usia di atas 60 tahun) di Indonesia diprediksi mencapai 27 juta orang.

Proses Pengobatan Penderita Kanker Tak Melulu soal Medis, tapi juga Psikologi Pasien dan Keluarganya

Pihak Ketiga Bukan Penyebab Perselingkuhan, Kenali 5 Bahasa Cinta Pasangan Agar Pernikahan Harmonis

Menurut Dr. dr. C. Heriawan Soejono, Sp.PD., K.Ger., M.Epid., Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Geriatri, hanya sedikit dari warga usia lanjut di Indonesia yang memiliki kondisi fisik yang bugar.

"Penelitian yang kami lakukan menunjukkan hanya sekitar 13 persen orang usia lanjut yang masih bugar. Sekitar  24-25 persen orang usia lanjut di Indonesia mengalami kerentaan dan 63-64 persen berada pada kondisi pra-renta," kata Heriawan saat peluncuran kampanye Tantangan #Stand4Strength di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Dia melanjutkan, sebagian besar dari warga usia lanjut mengalami kondisi renta yang ditandai dengan menurunnya berat badan secara drastis, berkurangnya kekuatan menggenggam, jalan menjadi lambat dan cenderung tertatih-tatih, dan tidak bisa merasa bugar sepanjang waktu.

“Kerentaan ini disebabkan karena berkurangnya masa otot. Seiring Bertambahnya usia, massa otot akan menurun secara bertahap. Dampak yang paling jelas dari proses ini adalah menurunnya kualitas hidup pada lansia,” jelas Heriawan.

Peran penting otot

Menurut Heriawan, otot  berperan penting untuk gerak tubuh.

Halaman
1234
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved