Harga Lapak Puluhan Juta Rupiah, PKL RTH Interaktif Pluit Karang Timur Bayar Iuran Rp 3.000 Per Hari

Sebanyak 60 pedagang kaki lima akan menempati Ruang Terbuka Hijau Interaktif di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Pluit, dengan sewa Rp 3.000 sehari.

Istimewa
Lokasi yang akan dibangun tempat kuliner dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Interaktif di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (5/2/2020). 

Sebanyak 60 pedagang kaki lima akan menempati Ruang Terbuka Hijau Interaktif di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Pluit, dengan sewa Rp 3.000 sehari.

Sebanyak 60 pedagang kaki lima (PKL) akan menempati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Interaktif di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kecamatan Penjaringan, Purwanto mengatakan para PKL yang nantinya berjualan tersebut tidak akan dipungut biaya sewa.

PKL Eks Gusuran Zaman Ahok Akan Tempati RTH Interaktif di Pluit Karang Timur

"Kalau untuk UKM ini tidak ada (sewa). Jadi biaya yang dikeluarkan pedagang, karena kita binaan dari UMKM, sesuai dengan iuran Pemda itu Rp 3.000 sehari," ucap Purwanto, Rabu (5/2/2020).

Selain iuran Rp 3.000 per hari, para PKL hanya akan dikenakan biaya air dan listrik per bulannya. Itu pun jumlah yang ditagihkan sesuai dengan pemakaian.

Para PKL tersebut nantinya juga akan diberikan kartu anggota supaya bisa berjualan RTH Interaktif yang nantinya bakal dikelola koperasi kecamatan.

Tak Cuma untuk Lokasi Kuliner, Lahan di Pluit Karang Timur Akan Dijadikan RTH Interaktif

"Tapi kalau pengelola dan sebagainya itu nggak ada, pengelolaan itu semua lewat UMKM, dalam hal ini koperasi dan pedagang," katanya.

Pada kesempatan berbeda, Anggota DPRD DKI Jakarta, Ima Mahdiah mengungkapkan harga yang ditawarkan di lahan itu mencapai Rp 60 juta per meter.

Menurut politisi PDIP itu, dengan dana puluhan juta tersebut, para penyewa bisa memanfaatkan lahan selama 25 tahun kedepan.

Jakarta Utilitas Propertindo Klaim Telah Sosialisasikan Rencana Penataan RTH di Pluit Sejak 2018

Sebelumnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara akan dibangun tempat kuliner.

Pembangunan itu mendapat penolakan dari warga karena selain tidak sesuai peruntukan, lahan itu juga berada di bawah Saluran Udara Tegangan Tinggi.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved