Breaking News:

Virus Corona

Ada Wabah Virus Corona, Simak Pesan Penting Kementerian Kesehatan RI Untuk Menghindari Penularannya

Kementerian Kesehatan RI menyarankan ke warga Indonesia untuk tidak berpergian sementara ke China untuk mengindari penularan virus corona.

Daily Mail
Pekerja medis di ICU (unit perawatan intensif) Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan. Virus corona adalah infeksi pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia atau pilek. Kementerian Kesehatan RI menyarankan ke warga Indonesia untuk tidak berpergian sementara ke China untuk mengindari penularan virus corona. 

Sampai saat ini belum ada larangan penerbangan menuju dan dari China ke Indonesia, kecuali dari dan ke Kota Wuhan.

Kementerian Kesehatan RI menyarankan ke warga Indonesia untuk tidak berpergian sementara ke China untuk mengindari penularan virus corona.

Virus corona menyebabkan ribuan warga Wuhan terkena pneumonia.

Konferensi pers Kementerian Kesehatan terkait kondisi dan pencegahan Virus Corona di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).
Konferensi pers Kementerian Kesehatan terkait kondisi dan pencegahan Virus Corona di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). (Tribunnews/Apfia Tioconny Billy)

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihartono mengatakan, virus corono bisa dicegah asal tidak didekati.

"Tidak ada travel banned dan travel warning, tapi travel advisories supaya kalau tidak sakit, jangan dekat-dekat ke tempat penyakit," kata Anung Sugihartono.

"Sebanyak apapun (virus corona), kalau kita nggak ketemu ya nggak akan sakit," lanjut Anung Sugihartono di Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Bikin Waswas, Ini Video Call Mahasiswi Indonesia dengan Orangtuanya Soal Virus Corona di Wuhan

Waspadai Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kabupaten Bogor Sebar Surat Edaran ke RS dan Puskesmas

Ia mengingatkan, sampai saat ini belum ada kepastian cara penularan virus corona. Sebab virus ini masih baru.

Cara yang paling tepat saat ini adalah mengindari virus tersebut.

Selain tidak mengunjungi pusat virus, cara menghindari bisa juga tidak bersentuhan dulu dengan orang sakit yang dapat menularkan virus, misalnya menggunakan masker.

Situasi terkini Pasar Seafood Huanan di Wuhan yang ditutup total. Sebelumnya (inzet) sangat ramai. Pasar ini diduga sebagai sumber menyebarnya virus corona
Situasi terkini Pasar Seafood Huanan di Wuhan yang ditutup total. Sebelumnya (inzet) sangat ramai. Pasar ini diduga sebagai sumber menyebarnya virus corona (twitter @@USANow10)

"Penularan virus corona belum diketahui. Tapi diduga lewat kontak langsung, udara. Kalau yang batuk bisa pakai masker. Kalau didekat orang batuk, kita melindungi diri," kata Anung Sugihartono.

Terkait wabah pneumonia akibat virus corona yang terjadi di Wuhan, banyak yang menyerang saluran pernapasan sehingga gejalanya bisa berupa batuk kering sampai berat, demam kemudian sesak.

Langkah antisipasi paling tepat saat ini adalah menjaga imunitas tubuh, kebersihan dan kesehatan.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved