Berita Video

VIDEO : BPPT Sebar 25,6 Ton Garam saat Modifikasi Cuaca di Wilayah Udara Perairan Jakarta

Badan Pengkajian dan Penerapan Tekonolgi menebar 25,6 ton garam untuk modifikasi cuaca di wilayah udara Jabodetabek

Badan Pengkajian dan Penerapan Tekonolgi (BPPT) mengklaim telah menebar 25,6 ton garam di udara daerah perairan selama operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sejak Jumat (3/1/2020) sampai Senin (6/1/2020) lalu.

Hasilnya hujan lebih banyak turun di perairan sebelum tiba di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, penebaran garam dilakukan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI Angkatan Udara.

Proses penebarannya, kata dia, memakai pesawat Casa 295 dan Casa 212-200.

VIDEO : Tanggul Kali Pesanggrahan yang Jebol Diperbaiki Sementara

VIDEO : Keluarga Reynhard Sinaga Pelaku Pemerkosa di Inggris Dikenal Baik dan Suka Menyumbang

“Kami telah melaksanakan 16 penerbangan jarak pendek, delapan (penerbangan) memakai Casa 295 yang mengangkat setiap 2,4 ton, termasuk Casa 212-200 yang mengangkut sekitar 800 kilogram garam,” ujar Hammam pada Selasa (7/1/2020).

Hal itu dikatakan Hammam usai menghadiri rapat koordinasi tingkat menteri terkait penanganan Bencana Banjir DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

“Alhamdulillah kami sudah melaksanakan penerbangan penyemaian garam di wilayah barat, barat daya, barat laut Jabodetabek, dan kemudian masuk juga ke timur Lampung hingga sebagian wilayah Teluk Jakarta,” katanya.

VIDEO : Anies Baswedan Telat Hadiri Undangan Rapat Menteri Muhadjir Effendy

Menurut dia, dari Minggu (5/1/2020) sampai Senin (6/1/2020) lalu, intensitas hujan lebat yang terjadi cenderung berada di utara atau Laut Jawa.

Diharapkan cuaca ekstrem yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya bisa berkurang, sehingga potensi banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah tersebut bisa dihindari. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Muhamad Rusdi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved