Kesehatan

Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening yang Menyerang Ria Irawan

Aktris Ria Irawan (50) sempat berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening (limfoma) selama lima tahun belakangan ini.

Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening yang Menyerang Ria Irawan
Twitter
Ria Irawan 

Aktris Ria Irawan (50) sempat berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening (limfoma) selama lima tahun belakangan ini.

Kabarnya kanker yang menyerang aktris berzodiak Leo kelahiran 24 Juli 1969 ini telah mencapai stadium 4 dan sempat dinyatakan sembuh.

Tapi mengapa tiba-tiba kondisi Ria Irawan drop hingga menghembuskan nafas terakhir pada Senin 6 Januari 2020 sekitar pukul 04.00?

Yuk, simak apa dan bagaimana penyakit kanker getah bening (limfoma) di sini. 

Berdasarkan Riskesdas tahun 2013 di Indonesia diperkirakan ada lebih dari 14.500 pasien limfoma yang terdeteksi di tahun 2013.

Kanker kelenjar getah bening adalah kanker ganas yang menyerang sistem limfatik.

Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker.

Dr dr Hilman Tadjoedin SpPD-KHOM, dokter spesialis onkologi medic menjelaskan, ada dua jenis limfoma yaitu Limfoma Hodgkin (LH) dan Limfoma Non Hodgkin (LNH).

Gejala awal penyakit ini adalah pembengkakan kelenjar getah bening ( terutama lebih teraba di leher sekitar di bawah telinga).

Limfoma Hodgkin lebih mudah disembuhkan (kurang ganas) dibandingkan limfoma non Hodgkin.

Halaman
1234
Penulis: Andy Pribadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved