Breaking News:

Banjir Tahun Baru

Dukcapil Akan Jemput Bola Urus Dokumen Catatan Sipil Milik Warga yang Terdampak Banjir

Direktur Jenderal Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh memastikan pihaknya akan memberikan kemudahan bagi warga terdampak banjir untuk mengurus kembali doku

Penulis: Luthfi Khairul Fikri | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Luthfi Khairul Fikri
Direktur Jenderal Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh memastikan pihaknya akan memberikan kemudahan bagi warga terdampak banjir untuk mengurus kembali dokumen kependudukan, Sabtu (4/1/2020). 

Direktur Jenderal Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh memastikan pihaknya akan memberikan kemudahan bagi warga terdampak banjir untuk mengurus kembali dokumen kependudukan.

Dirinya pun telah mengingatkan kepada jajarannya untuk proaktif melakukan jemput bola dengan mendata warga korban yang terdampak banjir.

“Sebagaimana langkah Dukcapil kami langsung bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang rusak tersebut dengan gratis," ujar Zudan kepada Wartakota saat ditemui di Kelurahan Kali Baru, Kota Bekasi, Sabtu (4/1/2020).

Korban bencana banjir juga takkan kesulitan mendapatkan kembali dokumen kependudukannya.

Mulai dari KTP, akta kematian, kartu keluarga, akta kelahiran, akta perkawinan, dan ktp elektronik, bahkan bisa selesai sehari jadi.

 TNI Siaga Tempur di Natuna, Mahfud Sebut China Tak Punya Hak, Prabowo Malah Singgung Investasi China

 VIRAL Video Korban Banjir Nyanyi di Genteng Rumah, BNPB: Tingkatkan Kesiapsiagaan Masuki Musim Hujan

 Cuaca Sabtu 4 Januari 2020 Hujan Guyur Jakarta, BMKG: Waspada Hujan Petir di Jaksel dan Jaktim

 Ketua Fraksi PDIP: Terbelenggu Janji Kampanye, Anies Baswedan Dua Tahun Enggak Ngapa-ngapain

"Sehari jadi, bahkan di penjaringan itu 5 menit sampai 10 menit bisa selesai, karena kebetulan datanya dicari langsung ketemu," kata dia.

Untuk mekanismenya sendiri, masyarakat yang menjadi korban banjir akibatnya ada yang hilang dokumennya bisa satu kolektif lewat RT atau RW.

Menurutnya juga tak ada persyaratan khusus lantaran ini murni hilang atau rusak karena bencana banjir yang terjadi pada beberapa hari ini.

  TERDAMPAK Banjir 30 Outlet Kuliner Geprek Bensu Tutup, Ruben Onsu Pikirkan Karyawannya

Proses ini juga berlaku selama 24 jam hingga 31 Januari mendatang. Namun, ada pengecualian jika terjadi ada kendala karena banjir, petugas tidak bisa datang atau listrik padam mohon bisa dimengerti oleh masyarakat.

Sementara, salah satu warga RW 06, Kelurahan Kali Baru, Maulana (56) sangat mengapresiasi dengan langkah kebijakan Dukcapil dalam memudahkan pembuatan dokumen untuk korban banjir.

"Kebetulan saya warga RW 06, jadi ini dokumen saya yang hilang saat kebanjiran jadi langsung dicetak jadi, cepat prosesnya," kata dia.

  TEGUR Medina Zein Gara-gara Rilis Kasusnya Molor, Kabid Humas Polda: Sudah Tidak Usah Dandan

Maulana juga menuturkan tak ada persyaratan apapun dalam pembuatan dokumen baru itu, hanya memang dilakukan pengecekan kebenarannya lalu pengajuan pada pagi, dan selesai jadi pada siang ini. (M20)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved