Aplikasi

Dukung Pencatatan Transaksi Usaha Pelaku UMKM, Qasir Hadirkan Aplikasi Miqro

Pencatatan adalah aspek penting dalam usaha, namun tidak sederhana untuk dilakukan oleh usahawan dengan skala mikro. Bagaimana solusinya?

Dukung Pencatatan Transaksi Usaha Pelaku UMKM, Qasir Hadirkan Aplikasi Miqro
Dok. Qasir
CEO Qasir Michael Liem (tengah) bersama Zaskia Adya Mecca (kedua kiri) dan Tasya Nurmedina (kedua kanan), pemilik butik Meccanism, foto bersama saat peluncuran Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019). 

Aplikasi Miqro memungkinkan pelaku UMKM melakukan pencatatan secara digital, juga melakukan pembelian stok secara grosir dengan lebih mudah melalui aplikasi.

QASIR, aplikasi point of sales (POS) atau kasir digital, mengumumkan aplikasi pendukung ekosistem untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertajuk Miqro.

Aplikasi Miqro menawarkan fitur untuk melakukan pencatatan transaksi usaha secara sederhana, bernama Catat.

CEO Qasir Michael Liem menjelaskan, pencatatan adalah aspek penting dalam usaha, namun tidak sederhana untuk dilakukan oleh usahawan dengan skala mikro.

Resmikan Flagship Store Pertama di Indonesia, Ligman Perkenalkan Produk Lampu Terkoneksi Internet

Kenang BJ Habibie, Manoj Punjabi Sebut Film Habibie & Ainun 3 sebagai Kado Spesial Ulang Tahunnya

Konser Musik Mahakarya Kutus Kutus, Sama-sama Lahir dari Inspirasi, Perenungan, dan Kreativitas

Sedangkan untuk mendapatkan modal pengembangan usaha, usahawan tentu membutuhkan pencatatan.

"Bukan hanya itu, lemahnya perhatian yang diberikan pada pencatatan transaksi ini juga mengaburkan data laba dan rugi, sehingga usahawan tidak dapat menentukan kondisi usahanya yang memengaruhi kebijakan usaha yang harus diambil," ujar Liem saat peluncuran aplikasi Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).

CEO Qasir Michael Liem memberikan penjelasan apilkasi Miqro saat peluncuran Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).
CEO Qasir Michael Liem memberikan penjelasan apilkasi Miqro saat peluncuran Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019). (Dok. Qasir)

Menurut Liem, aplikasi Miqro memungkinkan pelaku UMKM melakukan pencatatan secara digital, juga melakukan pembelian stok secara grosir dengan lebih mudah melalui aplikasi.

Pelaku usaha juga diberikan kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan via penjualan pulsa dan token PLN melalui jaringan Payment Point Online Bank (PPOB).

Bawa Pulang Gelar Pemeran Utama Wanita Terbaik, Raihannun: Musnahkan Kekerasan Terhadap Wanita

Pertama Kali Masuk Nominasi, Muhammad Khan Bawa Pulang Gelar Pemeran Utama Pria Terbaik

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pelaku UMKM untuk mendapatkan akses pembayaran digital, sehingga pelaku usaha dapat memanfaatkan transaksi secara non tunai.

"Saat ini, Miqro telah mendukung pembayaran via Dana dan OVO, dan segera mendukung Go-Pay dan LinkAja," sebutnya.

Menurut Liem, aplikasi Miqro memiliki fitur pencatatan lebih detail, antara lain seperti alat bantu monitor transaksi dan rekap penjualan, kelola dan monitor stok barang, kelola toko dan cabang, hingga pengelolaan karyawan. 

Adapula pengembangan fitur lainnya, seperti Pajak dan Kelola Bahan Baku.

"Fitur ini sangat cocok untuk usahawan yang ingin mendapatkan Iaporan usaha secara detail," ujarnya.

CEO Qasir Michael Liem (tengah) bersama Zaskia Adya Mecca (kedua kiri) dan Tasya Nurmedina (kedua kanan), pemilik butik Meccanism, foto bersama saat peluncuran Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).
CEO Qasir Michael Liem (tengah) bersama Zaskia Adya Mecca (kedua kiri) dan Tasya Nurmedina (kedua kanan), pemilik butik Meccanism, foto bersama saat peluncuran Miqro di The Green Corner, Jl. Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019). (Dok. Qasir)

Program edukasi

Sebagai solusi digital yang membidangi pelaku UMKM yang belum banyak tersentuh teknologi, lanjut Liem, edukasi selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya.

Karena itulah Miqro juga mengadakan program edukasi seputar menjalankan usaha secara rutin.

Para peserta yang mengikuti program ini nantinya akan diberikan pendampingan hingga make-over warung agar lebih menarik dan mendatangkan lebih banyak untung.

"Dengan semua kelengkapan ini, diharapkan Miqro dapat menjadi solusi bagi seluruh usahawan mikro agar lebih memiliki daya saing," ujar Liem.

Sebelum hadirnya aplikasi Miqro, aplikasi Qasir juga telah mengembangkan fitur-fitur unggulan yang bermanfaat untuk mengelola usaha dan juga konsumennya, seperti Pemesanan Barang, khususnya untuk usaha yang menjual produk-produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

Fitur ini membantu pengguna untuk berbelanja barang grosir dari agen yang sudah bekerja sama dengan Qasir. Barang pun dikirim tanpa dikenakan biaya kirim ke alamat pemesan.

Saat ini, aplikasi Miqro telah dapat diunduh pelaku UMKM melalui Play Store untuk versi Android dan App Store untuk versi iOS.

Mudah

Artis Zaskia Adya Mecca yang juga pemilik usaha busana muslim Meccanism mengaku sangat terbantu dengan menggunakan aplikasi Qasir dalam menjalankan bisnis busana muslimnya.

"Sebagai pengusaha yang tidak memiliki latar belakang akuntansi, dengan adanya Qasir, saya menjalankan usaha sehari-hari jadi lebih mudah," ujarnya.

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved