Breaking News:

Dirut Garuda Dicopot

DIRUT Garuda Selundupkan Harley dan Brompton, Sri Mulyani: Kerugian Negara Capai Rp1.5 Miliar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perkembangan investigasi kasus penyelundupan motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda Brompton

KONTAN/Grace Olivia
Penjelasan dan gelar barang bukti oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir mengenai kasus moge Harley selundupan di pesawat Garuda Indonesia terbaru. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perkembangan investigasi kasus penyelundupan motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam penerbangan Garuda jenis Airbus A330-900. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), ditemukan sebanyak 18 koli pada lambung pesawat (tempat bagasi penumpang) yang keseluruhannya memiliki claimtag sebagai bagasi penumpang. 

Dari 18 koli tersebut, sebanyak 15 koli berisi suku cadang motor gede Harley Davidson dengan kondisi terurai.

BREAKING NEWS: Menteri BUMN Erick Thohir Copot Dirut Garuda Ari Askhara, Selundupkan Harley Davidson

Sementara 3 koli lainnya berisi dua unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda. 

Dari hasil penelusuran harga di pasaran, Sri Mulyani menyebut, perkiraan nilai motor Harley Davidson tersebut berkisar antara Rp 200 juta sampai dengan Rp 800 juta per unitnya. 

“Sehingga  perkiraan total kerugian negara berkisar antara Rp 532 juta sampai dengan Rp 1,5 miliar,” tutur Sri Mulyani. 

Sampai saat ini, Ditjen Bea Cukai terus meneliti lebih lanjut kasus penyelundupan moge dan sepeda tersebut.

Ini Dia Hewan Paling Berharga dan Tinggal Satu-satunya di Dunia, Dijaga Pasukan Militer Khusus

Pemeriksaan masih berlanjut terhadap nama yang tercantum dalam claim tag barang temuan, serta terhadap pihak ground handling di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Saya telah perintahkan Bea Cukai dan jajarannya untuk tingkatkan pengawasan. Saya minta BC menyelesaikan seluruh kasus ini baik pemeriksaan dan penindakan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Sri Mulyani. 

Sementara itu, dalam kasus ini Menteri BUMN Erick Tohir telah memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau akrab disapa Ari Askhara lantaran terbukti menyelundupkan onderdil Harley Davidson dalam penerbangan Garuda jenis Airbus A330-900 pada pertengahan November lalu. 

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved