Rawan Longsor

Tujuh Rumah Retak Rawan Longsor, Warga Gigit Jari Tidak Punya Tempat Mengungsi

Warga RT 14/RW 03, Kelurahan Keranggan, Setu, Tangerang Selatan, yang rumahnya retak mengharapkan pemkot turun tangan di area rawan longsor itu.

Penulis: Zaki Ari Setiawan | Editor:
WARTA KOTA/ZAKI ARI SETIAWAN
Dinding rumah warga yang retak parah di RT 14 RW 03, Keranggan, Setu, Tangerang Selatan, Sabtu (23/11/2019). 

Fenomena retaknya tujuh rumah yang berada di dekat bibir tebing RT 14/RW 03, Kelurahan Keranggan, Setu, Tangerang Selatan, dikhawatirkan warga dapat berakhir longsor.

Kendati demikian, warga gamang untuk mengungsi dari rumah yang sudah mengalami keretakan di tembok dan lantainya sejak musim kemarau panjang hingga semakin parah saat pancaroba awal November 2019.

Menurut seorang warga yang sebagian rumahnya bahkan sudah ambruk, Hadijah (32), semakin hari kondisi retakan di rumahnya semakin parah sehingga dirinya dan keluarganya harus selalu waspada.

Tujuh Rumah di Setu Tangerang Selatan Retak-retak, Warga Cemas Ambruk dan Longsor

Namun, Hadijah yang sebetulnya ingin mengungsi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tidak memiliki tempat untuk tinggal sementara.

"Kalau saya ngungsi ke mana, kan bingung enggak ada tempatnya," kata warga yang terdampak, Hadijah (32) di kediamannya, Sabtu (23/11/2019).

Tidak cuma retak, bagian dapur rumah Hadijah bahkan sudah ambruk secara tiba-tiba pada 15 November 2019 lalu ketika tidak ada hujan maupun angin.

Warga Kranggan, Setu Kota Tangsel yang Tinggal di Pinggir Tebing Diimbau Waspadai Potensi Longsor

Terdapat tujuh rumah yang berada dekat bibir tebing mengalami keretakan serupa di tembok dan lantainya.

Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan sudah memasang sejumlah spanduk yang berisikan imbauan daerah rawan longsor di sekitar RT 14 RW 03, Keranggan.

Oleh karena itu, Hadijah berharap ada peran dari pemerintah untuk dapat menyediakan fasilitas mengungsi sampai kondisi daerahnya dinyatakan aman untuk ditempati kembali.

Proyek Double Track di Cigombong Longsor Bikin Dua Pekerja Tewas

"Mau ngungsi cuma belum tau di mana, belum tau kan pemerintah juga apa fasilitasin apa enggak," ungkapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved