7 Rumah Retak dan Lantai Miriing

Warga Kranggan, Setu Kota Tangsel yang Tinggal di Pinggir Tebing Diimbau Waspadai Potensi Longsor

“Ini tentu menjadi perhatian lebih diutamakan. Saya takut ini musim hujan. Saya berharap dapat perhatian besar, saya nggak tahu apa nanti evakuasi

Warga Kranggan, Setu Kota Tangsel yang Tinggal di Pinggir Tebing  Diimbau Waspadai Potensi Longsor
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN T
Khodijah (32), menunjuk bagian rumahnya yang retak hingga ambles di bilangan Kampung Karanggan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (21/11/2019) 

Warga Kampung Krang­gan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, yang tinggal di sekitar tebing, adalah diimbau mewaspadai potensi bahaya longsor.

Peringatan dini ini adalah disampaikan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tangerang Selatan, setelah meneliti tujuh rumah warga di Kampung Kranggan yang mengalami retak dan muka lantai miring serta ada yang sudah ambruk bagian kamar mandi dan dapurnya pada Jumat (22/11/2019).

Seusai meninjau langsung rumah retak di Kampung Kranggan, Setu, Kepala Bagian Program dan Anggaran Pusat Teknologi Reduksi Resiko BPPT, Nur Hidayat, menyampaikan hasil pengamatannya kepada awak media.

“Indikasi pergerakan tanah sudah kelihatan. Semua sejajar dengan arah longsorannya jadi kelihatan memang ada beberapa rumah penduduk yang memang sudah dijejak,” ujar Hidayat, seperti dilansir TribunJakarta.com.

“Jejaknya berupa jejak ambles sedikit terus bergeser ketarik,” lanjutnya.

Posisi sejumlah rumah yang retak itu adalah berada di sekitar bibir tebing setinggi 20 meter lebih.

Keberadaan rumah itu menjadi beban tanah sehingga membuat tanah bergerak ke arah lembah.

Terlebih, di bibir tebing terdapat banyak pohon bambu besar dan rimbun. Pohon tersebut menjadi beban tambahan dataran tinggi itu.

Kemungkinan terburuk pergeseran tanah itu adalah bisa memicu longsor yang akan menyeret sejumlah rumah di sekitar bibir tebing.

“Karena ada beban di atas berupa bangunan yang lama saya lihat makin padat,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved