Lingkungan

Trash Booms Dikampanyekan Sebagai Upaya Menyelamatkan Jalur Air Terpenting di Bali dari Sampah

Trash Booms adalah solusi teknologi terjangkau untuk menjebak sampah yang dikembangkan oleh perusahaan startup lingkungan asal Jerman, Plastic Fisher.

Trash Booms Dikampanyekan Sebagai Upaya Menyelamatkan Jalur Air Terpenting di Bali dari Sampah
Dokumentasi Bir Bintang
Trash booms, teknologi terjangkau untuk jebakan sampah, yang dipasang di Sungai Ye Poh, Desa Kerobokan Kelod, Bali, Sabtu (2/11/2019). 

The Bali Partnership mencatat, Bali dikunjungi lebih 16 juta wisatawan di sepanjang 2018.

Jumlah wisatawan tersebut, menurut laporan Kementerian Pariwisata RI, menyumbang USD 7,6 miliar atau setara Rp 100 triliun pada tahun lalu, atau sekitar 40 persen dari pendapatan negara dari sektor pariwisata.

Sayangnya, pada 2019 ini data Pusat Statistik Provinsi Bali menlaporkan, terjadi penurunan jumlah pengunjung yang menyebabkan penurunan belanja pariwisata di Bali sekitar 8 %.

Tanah Lot, Bali
Tanah Lot, Bali (Istimewa)

Salah satu alasan utama turis asing tidak kembali ke Bali adalah sampah.

Bali, seperti laporan The Bali Partnership, menghasilkan sekitar 1,6 juta ton sampah per tahun dan 20 %-nya adalah sampah plastik.

Melihat data-data tersebut, Bir Bintang yang menjadi bir ikonik Indonesia, bekerjasama dengan aktivis lingkungan Gary Bencheghib meluncurkan kampanye untuk melindungi Bali dari sampah.

Michael Umbas: Music Tourism Formula Baru Angkat Pariwisata Indonesia

Pariwisata Maluku Harus Dijual ke Internasional, Infrastruktur Memadai Jadi Syarat

Kampanye yang digagas Gary Benchegib --pendiri Make A Change World-- tersebut mengenalkan budaya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab untuk melindungi Bali.

Kampanye ini mencakup pemasangan 100 trash booms di sekitar Bali.

Trash Booms adalah solusi teknologi terjangkau untuk menjebak sampah yang dikembangkan oleh perusahaan startup lingkungan asal Jerman, Plastic Fisher.

Trash booms secara efektif dapat menghentikan sampah masuk ke sungai, saluran air dan pantai di Bali.

Aktivis Lingkungan Gary Bencheghib (dua dari kanan) sedang memberikan sambutan disela pemasangan trash booms, teknologi terjangkau untuk jebakan sampah, di Sungai Ye Poh, Desa Kerobokan Kelod, Bali, Sabtu (2/11/2019).
Aktivis Lingkungan Gary Bencheghib (dua dari kanan) sedang memberikan sambutan disela pemasangan trash booms, teknologi terjangkau untuk jebakan sampah, di Sungai Ye Poh, Desa Kerobokan Kelod, Bali, Sabtu (2/11/2019). (Dokumentasi Bir Bintang)
Halaman
123
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved