Sampah

Pemkab Bekasi Diminta Tindak Warga yang Buang Sampah Sembarangan ke Kali Jambe

"Kita minta aparat desa, kecamatan maupun Pemkab Bekasi lakukan penindakan ke warga yang buang sampah ke Kali Jambe."

Warta Kota/Muhammad Azzam
Tumpukan sampah di Kali Jambe Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, diduga disebabkan karena warga membuang sampah ke kali tersebut. 

Tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, diduga disebabkan karena  warga yang tinggal di bantaran kali membuang sampah ke kali tersebut.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi diminta untuk melakukan penindakan terhadap warga yang membuang sampah ke kali tersebut.

"Kita minta aparat desa, kecamatan maupun Pemkab Bekasi lakukan penindakan ke warga yang buang sampah ke Kali Jambe," kata Kepala Dusun 3 Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Sumardana.

Sumardana mengatakan saat ditemui Warta Kota di lokasi tumpukan sampah Kali Jambe, Minggu (3/11/2019).

Dia menduga, tumpukan sampah di Kali Jambe Desa Satria Jaya itu kiriman dari hulu kali atau wilayah lain yang bantaran kalinya terdapat pemukiman warga.

"Kalau di kami (Desa Satria Jaya) enggak ada pemukiman warga di bantaran kali. Terus juga sampah warga kami kan diangkut rutin ke tempat pembuangan," ucapnya.

Sampah Kali Jambe Baru Bisa Terangkut 210 Kubik, Sisa 420 Kubik Tunggu Giliran Besok

Berkomitmen Melestarikan Budaya, PPBI Kolaborasi Dengan Dian Oerip

Desa Satria Jaya, kata Sumardana, selalu terkena imbas pembuangan sampah sembarangan tersebut.

Wilayah yang 'menyumbang' sampah kiriman ke Kali Jambe Desa Satria Jaya yakni dari Desa Jalen Jaya, Mangun Jaya, Karang Satria, dan Satria Mekar.

"Kali Jambe ini kan hulunya dari wilayah itu semua. Kami kena imbasnya, sudah dua kali sebelumnya tumpukan pernah terjadi di Kramat Mundu tahun 2018 lalu," katanya.

Sementara itu, warga Desa Satria Jaya, Agung Kurnianto (43) mengaku bersyukur tumpukan sampah Kali Jambe sudah mulai dibersihkan.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved