8 Dokter Kebiri 136 Ekor Kucing Jantan di Menteng, Upaya KPKP Jakarta Pusat Menekan Populasi Kucing

8 Dokter Kebiri 136 Ekor Kucing Jantan di Menteng, Upaya KPKP Jakarta Pusat Menekan Populasi Kucing

8 Dokter Kebiri 136 Ekor Kucing Jantan di Menteng, Upaya KPKP Jakarta Pusat Menekan Populasi Kucing
Warta Kota/Joko Supriyanto
Petugas Jakarta, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Pusat melakukan sterilisasi terhadap kucing jantan di Kecamatan Menteng Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). 

8 Dokter Kebiri 136 Ekor Kucing Jantan di Menteng, Upaya KPKP Jakarta Pusat Menekan Populasi Kucing

Menurut data dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), jumlah kucing yang berkembang biak di Jakarta pada 2018 mencapai 30.000 ekor lebih.

Dalam upaya menekan pertumbuhan populasi kucing di Jakarta, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat melaksanakan sterilisasi hewan kucing.

Acara sterilisasi yang digelar di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat ini, setidaknya sebanyak 136 ekor kucing jantan disterilisiasi oleh delapan dokter yang dihadirkan.

Bentuk steriliasasi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengangkatan testis atau dengan istilah kebiri, sehingga, kucing jantan itu tidak dapat membuahi kucing betina, sehingga populasi kucing akan menurun.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Dari Hastuti mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk mengurangi populasi kucing di masyarakat.

"Hari ini ada 136 kucing yang disterilisasi. Kita pilih kucing karena populasi mereka cukup besar dan kucing jantan kita pilih karena dia yang membuahi," kata Bayu, Rabu (30/10/2019).

Menurut Bayu, ada delapan dokter yang diikut sertakan dalam kegiatan sterilisasi kucing ini, para dokter itu akan melalukan pengangkatan testis kucing jantan agar tidak bisa lagi membuahi kucing betina.

"Dokter kita ada delapan yang berasal dari Dokter Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Sudin dan Dinas KPKP Jakarta Pusat," katanya.

Salah satu dokter hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Ira mengatakan banyak manfaatkan dalam melakukan steriliasi kucing, salah satunya yaitu membuat kucing akan lebih sehat jika dibandingkan sebelum di kebiri.

Selain itu juga membuat kucing jantan jauh lebih jinak dan tidak menimbulkan keributan dengan kucing jantan lainnya. Sehingga dengan sterilisasi ini kucing jantan akan kehilangan insting teritorialnya dan juga insting memperebutkan betinanya.

"Efeknya nanti kucing biasanya akan lebih gemuk dari sebelum disterilisasi, kucing juga akan lebih tenang karena tidak mencari pasangan di luar rumah," ujarnya.

Adapun kucing yang disterilisasi ini harus berumur 8 bulan tidak boleh dibawah 8 bulan, sebelum dilakukan pengangkatan testis pada kucing jantah, dokter akan melakukan pembiusan terlebih dahulu.

"Kucing tersebut dibius, kemudian dilakukan pengangkatan buah zakar kucing jantan. Kucing harus berumur 8 bulan, lokal dan tidak dalam keadaan sakit," ucapnya. 

Caption foto: petugas Jakarta, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Pusat melakukan sterilisasi terhadap kucing jantan di Kecamatan Menteng Jakarta Pusat.
Area lampiran

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved