Mata Uang Digital

Terungkap! Ini yang Membuat Harga Bitcoin Melambung Tinggi Sekarang, Gara-gara China?

Kenaikan Bitcoin itu didorong oleh pidato Presiden Tiongkok Xi JinPing, Tiongkok harus senantiasa mengembangkan menggunakan teknologi blockchain.

Editor:
pexels
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Nilai mata uang kripto Bitcoin (BTC) melonjak hingga Rp 35 juta dalam tempo 24 saja.

Nilai Bitcoin naik dari 7.500 dollar AS menjadi 10.000 dollar AS.

Kenaikan Bitcoin itu didorong oleh pidato Presiden Tiongkok Xi JinPing menyebutkan bahwa Tiongkok harus senantiasa mengembangkan dan memanfaatkan sejumlah peluang menggunakan teknologi blockchain.

Xi Jinping berencana untuk mempercepat pengembangan proyek teknologi dan industri blockchain.

Pemerintah berencana untuk memperkuat studi standarisasi blockchain dan meningkatkan investasi di sektor tersebut sehingga memberikan dukungan psikologis terhadap para investor bitcoin.

Restoku.id Mempermudah Pelaku UMKM Kuliner Menjalankan Bisnis

“Kita harus menggunakan blockchain sebagai terobosan penting bagi inovasi-inovasi teknologi inti berikutnya," kata Xi dalam pidatonya dalam sidang Komite Tetap Biro Politik Pusat Partai Komunis Tiongkok, Jumat (25/10/2019) seperti dikutip Newsweek, yang dilansir Info Komputer.

Xi mengatakan, negaranya juga harus menegaskan tujuan utama, meningkatkan investasi.

"Fokus pada sejumlah teknologi inti dan mempercepat laju pengembangan teknologi blockchain dan inovasi industri,” kata Xi.

Sejak 2017, Tiongkok memang melarang perusahaan bursa aset kripto beroperasi.

Sebanyak 153 Investasi Bodong Berkedok Koperasi Simpan Pinjam Ditemukan Kemenkop UKM

Itu yang memaksa sejumlah perusahaan gelar tikar di sejumlah negara lain, termasuk Binance yang hijrah dari Beijing ke Malta, Eropa.

Tetapi, sejak 2014 Tiongkok memang diketahui sangat serius meneliti dan mengembangkan teknologi blockchain atau asas dari aset kripto Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Bahkan beberapa bulan yang lalu, Bank Sentral Tiongkok pun mengumumkan telah menerbitkan dan mengujicoba versi digital uang yuan yang sebagian mengggunakan teknologi blockchain.

Tentunya, kebijakan Tiongkok itu berbanding terbalik dengan mayoritas regulator dunia terkait peluncuran Libra atau mata uang digital lainnya.

Berikut Harapan Praktisi Kesehatan Mengenai Pembenahan BPJS Kesehatan

Pemerintah China pun mengeluarkan undang-undang baru terkait kriptografi yang akan berlaku pada awal tahun depan untuk mendukung rencana pemerintah meluncurkan mata uang digitalnya sendiri.

Halaman
12
Sumber: Info Komputer
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved