Breaking News:

TransJakarta, MRT, dan LRT Menuju Integrasi Transportasi Jak Lingko

Jakarta kini telah memiliki transportasi umum yang terintegrasi, aman, dan nyaman. Hal ini yang membuat Jakarta sejajar dengan kota-kota besar di duni

TransJakarta, MRT, dan LRT Menuju Integrasi Transportasi Jak Lingko - transjakartalkijo5i4iow56.jpg
Transjakarta
.
TransJakarta, MRT, dan LRT Menuju Integrasi Transportasi Jak Lingko - mrt3894t9rehfgiudfifhg.jpg
MRT
.
TransJakarta, MRT, dan LRT Menuju Integrasi Transportasi Jak Lingko - lrt90348u9igfojdfghkdfjhgkdf.jpg
LRT
.

WARTA KOTA - BALAI KOTA-- Jakarta kini telah memiliki transportasi umum yang terintegrasi, aman, dan nyaman. Hal ini yang membuat Jakarta sejajar dengan kota-kota besar di dunia.  

Sistem dan sarana transportasi itu membuat Jakarta mendapat penghargaan bergengsi internasional berkat sistem bus rapid transit yang cepat, nyaman, aman, serta tepat waktu.

"Anugerah Transportasi Berkelanjutan menunjukkan kemauan politik bahwa (pemerintah) kota berkemampuan penuh untuk menempatkan solusi jitu guna memperbaiki lingkungan kota," kata Aimee Ganthier dari Komite Sustainable Transport Award 2020 yang menganugerahi Honorable Mention  baru-baru ini. 

Perbaikan transportasi modern di Jakarta diawali dengan kehadiran TransJakarta. Bus Transjakarta melaju pada lintasan terpanjang di dunia, yakni 251,2 kilometer.

Memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor, Public Service Obligation (PSO) TransJakarta bertambah sepuluh kali lipat lebih, dari Rp 333.084.520 pada 2011 menjadi Rp 4.197.240.979 pada 2020.Pada 2019, fasilitas bus TransJakarta terintegrasi dengan dua moda transportasi lain berbasis rel, yakni MRT di Bundaran HI dan LRT di Jalan Pemuda. Tiga bus listrik juga sudah menjalani uji coba tahun ini, untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota. 

Pada 24 Maret 2019 resmi beroperasi. Moda Raya Terpadu (MRT) langsung menjadi primadona transportasi publik termodern di Jakarta dan satu-satunya di Indonesia.

Sementara depo kereta berdekatan dengan Stasiun Lebak Bulus yang menjadi tempat pertemuan pertama Jokowi dan Prabowo Subianto pada 13 Juli 2019, setelah pemilihan presiden.

PT MRT Jakarta menargetkan, jumlah  penumpang harian mencapai 100.000 orang pada akhir 2019. Hingga Juli 2019, jumlah rata-rata pengguna MRT Jakarta mencapai 94.824 orang per hari, naik 15,9 persen dari bulan sebelumnya. Ketepatan waktu kedatangan, waktu tempuh, dan waktu berhenti kereta di stasiun MRT mencapai 100 persen dari total 6.159 perjalanan kereta.

Terbaru dari sarana transportasi di Jakarta adalah Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) yang merupakan suatu moda layanan transportasi penumpang yang beroperasi di atas rel ringan. Kendati kecepatan rata-ratanya sekitar 50 kilometer per jam, kereta LRT Jakarta dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 90 kilometer per jam.

Selain nyaman dan berstandar internasional, LRT pun dapat menghemat waktu berkisar 13-15 menit perjalanan dari Kelapa Gading, Jakarta Utara ke Stasiun Velodrome, Jakarta Timur. Bila dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui skybridge dari Stasiun Velodrome menuju Halte Pemuda Rawamangun, kemudian diteruskan dengan naik bus TransJakarta ke Halte Dukuh Atas, akan memakan waktu sekitar 40 menit.

Halaman
12
Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved