Kesalahan Apa Saja yang Kerap Dilakukan oleh Entrepreneur? Penjelasan dari Miliarder

Ada salah satu kesalahan terbesar yang bisa saja dilakukan seorang entrepreneur saat mengawali bisnis baru.

Kesalahan Apa Saja yang Kerap Dilakukan oleh Entrepreneur? Penjelasan dari Miliarder
Istimewa
ILUSTRASI 

Pengusaha yang mengandalkan pendanaan dari luar bisa membuat perusahaan itu terlalu terikat pada kepentingan investornya.

Mungkin saja, investor itu memiliki ide bisnis yang berbeda pula tentang cara menumbuhkan bisnis.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Miliarder yang juga bintang Shark Tank, Mark Cuban, mengatakan, ada salah satu kesalahan terbesar yang bisa saja dilakukan seorang entrepreneur saat mengawali bisnis baru.

"Saya pikir kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah ketika mereka memiliki ide dan tujuan memulai bisnis, mereka pikir mereka harus mengumpulkan uang," kata Mark Cuban dikutip dari CNBC, yang dirilis Kompas.com baru-baru ini.

"Dan begitu Anda mengumpulkan uang, itu bukan prestasi, itu kewajiban karena Anda akan melaporkannya bahwa Anda mengumpulkan uang," katanya.

Toko Kopi Bubuk Bapak Ook, Tetap Eksis Ditengah Gempuran Kopi Kekinian: Ini Lokasinya

Tidak hanya itu, Cuban mengatakan, pengusaha yang mengandalkan pendanaan dari luar bisa membuat perusahaan itu terlalu terikat pada kepentingan investornya.

Mungkin saja, investor itu memiliki ide bisnis yang berbeda pula tentang cara menumbuhkan bisnis.

"Jika Anda dapat memulai sendiri, lakukan sendiri untuk mengumpulkan uang. Oleh karena itu sedikit kemandirian lebih bisa bermanfaat bagi pengusaha," kata Cuban.

Sebetulnya, pakar dan pengusaha bisnis sering memperdebatkan pro dan kontra antara pendanaan investor vs modal sendiri alias bootstrapping.

Bootstrapping, membuat pendiri mengucurkan tabungan pribadi untuk pendanaan usahanya dana bisa membuat pertumbuhan yang lambat jika bisnis bergantung pada peningkatan pendapatan secara perlahan untuk berkembang.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved