Gelar lYlA dan WINTEX 2019, INNOPA Hadirkan 1.200 Inovator dari 18 Negara

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para innovator dalam negeri maupun luar negeri yang menciptakan produk inovasi di berbagai bidang.

Gelar lYlA dan WINTEX 2019, INNOPA Hadirkan 1.200 Inovator dari 18 Negara
Dok. INNOPA
Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menggelar acara Indonesia Inventors Day di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 9-12 Oktober 2019. 

JAKARTA - Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menggelar acara Indonesia Inventors Day di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 9-12 Oktober 2019.

Indonesia Inventors Day itu terdiri dari 2 kegiatan yaitu The 6th International Young Inventors Award (IYIA) dan The 2nd World Invention Technology Expo (WINTEX).

Presiden INNOPA Erricha Insan Pratisi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap para innovator yang telah menciptakan produk inovasi baik di bidang teknologi, sains, pertanian, pendidikan, maupun bidang Iainnya. 

“Dalam kegiatan ini ada 1.200 inovator, lebih dari 250 tim, berasal dari 18 negara,” ungkap Erricha dalam pernyataan resminya, Rabu (9/10/2019).

Erricha menyebut, beberapa negara manca yang mengirimkan tim dan karya inovasinya diantaranya Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Korea, Japan, Mesir, India, Sri Lanka, Polandia, Arab Saudi, Kroasia, Canada dan Amerika. 

“Mereka belum siap untuk komersialisasi, baru pada tahap mock up, maket, prototype. Inovasinya sudah bisa berfungsi tapi perlu disempurnakan, dalam arti mungkin paten-nya dilegalkan, atau kalau dia produk dalam negeri berupa makanan atau obat-obatan, perlu ijin dari BPOM,” sambungnya.

Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menggelar acara Indonesia Inventors Day di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 9-12 Oktober 2019.
Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) menggelar acara Indonesia Inventors Day di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 9-12 Oktober 2019. (istimewa)

Pelajar-Mahasiswa

Umumnya para peserta adalah pelajar SMA/SMK, dan mahasiswa perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya ada 19 kategori, namun peserta dari Indonesia umumnya adalah di bidang kuliner, maupun obat-obatan yang memanfaatkan kekayaan alam di daerah masing-masing.

“Inovasi teknologi dari peserta Indonesia baru 30-40 persen, lebih banyak pemanfaatan kekayaan alam,” kata Erricha.

Menurut Erricha, kendala inovator muda rata-rata adalah minat mereka belum ingin terlalu fokus untuk mengkomersialisasikan karyanya, namun baru sekedar kebutuhan akademis untuk mendapatkan medali, sertifikat, maupun pencarian beasiswa.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved