Rusuh Papua

Pastikan Stabilitas Keamanan, Panglima TNI, Kapolri, dan Lima Menteri Bakal Kunjungi Wamena

Berdasarkan data yang diperolehnya, saat ini masih ada 3.500 pengungsi yang tersebar di kantor Koramil, Kodim, dan Polsek setempat.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (kanan), dipangku prajurit TNI usai menggelar apel kesiapan membantu tugas POLRI dalam pengamanan natal, tahun baru, pileg dan pilpres 2019 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018). 

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dirinya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan lima menteri, akan mengunjungi Wamena, Papua pada Senin (7/10/2019) pekan depan.

Kelima menteri itu adalah Menkopolhukam Wiranto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Ia mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan stabilitas keamanan dan pelayanan masyarakat berjalan.

‎Moeldoko Bilang Buzzer Jokowi Tidak Satu Komando, Idolanya Diserang Langsung Bereaksi

Sejumlah pelayanan publik yang ia maksud antara lain ketersediaan listrik, kegiatan belajar mengajar, pelayanan kesehatan, juga dapur umum.

"Besok Senin 7 September 2019, Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN, dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena," kata Panglima.

Hal itu ia katakan seusai upacara HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Mahasiswa Desak Jokowi Bikin Perppu KPK Paling Lambat 14 Oktober, Ngabalin: Tidak Bagus Mengancam

Berdasarkan data yang diperolehnya, saat ini masih ada 3.500 pengungsi yang tersebar di kantor Koramil, Kodim, dan Polsek setempat.

Ia juga mengaku mendapat informasi para penduduk asli tidak menginginkan para pendatang yang menjadi pengungsi tersebut pulang ke daerahnya.

Para pendatang yang menjadi pengungsi tersebut, menurutnya, menginginkan persoalan kerusuhan di Wamena segera selesai dan kehidupan di sana kembali berjalan normal.

Romli Atmasasmita Bilang Pihak yang Dorong Penerbitan Perppu KPK Menjerumuskan Jokowi

"Dengan demikian banyak masyarakat Papua dan pendatang menginginkan permasalahan di Papua segera tuntas dan keamanan bisa dikembalikan seperti sedia kala," tutur Hadi Tjahjanto.

Untuk itu, ia mengatakan, TNI menggelar kekuatan di beberapa tempat di Papua, termasuk di Jayapura dan Wamena, dalam rangka mendukung Polri yang bertugas di sana.

"Tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa stabilitas keamanan terus akan kita jaga, sehingga perekonomian terus berjalan dengan baik," papar Hadi Tjahjanto.

DAFTAR Lengkap Panglima TNI Sejak Tahun 1945: Mayoritas dari Angkatan Darat

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, bukan disebabkan konflik antar-etnis, melainkan ulah kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Jangan ada yang menggeser-geser menjadi seperti sebuah konflik etnis, itu bukan," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved