Berita Video

VIDEO: Selasa Siang, Gelar Demo Lagi, Mahasiswa Long March Sambil Bawa Bunga ke Gedung DPR

Ratusan Mahasiswa kembali melakukan demonstrasi dan melakukan longmarch menuju depan gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (1/10/2019)siang.

RATUSAN mahasiswa lintas kampus melakukan longmarch menuju depan gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (1/10/2019) sekira pukul 14.00 WIB.

Mereka berangkat dari titik kumpul di depan kantor TVRI, menyusuri Jalan Gerbang Pemuda sambil membentuk barikade. Mereka menyanyikan lagu-lagu, dipimpin orator dari atas mobil komando. Kebanyakan dari mereka memegang kembang di tangan masing-masing.

"Simbol bahwa kita aksi damai, kita damai dengan siapa pun termasuk polisi," kata salah satu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Kini Jadi Wakil Rakyat, Begini Jawaban Mantan Jubir KPK Soal Korupsi di DPR RI

Orator mengingatkan mereka agar merapatkan barisan dan memperhatikan kawan-kawan di sekeliling guna mencegah masuknya penyusup.

"Hati-hati kawan-kawan, kita pastikan aksi kita semua kawan-kawan. Hati-hati provokasi," seru salah seorang orator.

Aksi ini memakan seluruh lebar Jalan Gerbang Pemuda arah Gatot Subroto. Namun, para pengendara tampak bersabar tanpa membunyikan klakson.

Beberapa pengendara sepeda motor sempat merekam aksi longmarch mahasiswa. Begitu pula pengendara di atas fly over Ladokgi juga menyempatkan diri menepi untuk mengabadikan momen.

Yasonna Laoly Kembali ke DPR, ‎Tjahjo Kumolo Rangkap Jabatan Jadi Plt Menkumham

Tuntutan mahasiswa dalam aksi hari ini tidak banyak berbeda dengan tuntutan saat kali pada Selasa (24/9/2019) lalu dan Senin (30/9/2019).

Meskipun beberapa RUU bermasalah seperti RKUHP, RUU Pertanahan, dan RUU Pertanahan telah diputuskan nasibnya kemarin, namun mahasiswa masih memiliki beberapa tuntutan.

Mereka merespons isu kejahatan lingkungan, isu antikorupsi, dan penangkapan aktivis.

Selain itu, tuntutan mahasiswa bertambah satu hari ini, yakni terkait jatuhnya korban-korban sipil akibat kekerasan aparat selama gelombang aksi unjuk rasa sepekan terakhir.

VIDEO: Satu Pelajar Pendemo Rusuh Terbukti Pakai Sabu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pukul 14.00 WIB, Mahasiswa Long March ke Gedung DPR Sambil Bawa Kembang", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/01/14393431/pukul-1400-wib-mahasiswa-long-march-ke-gedung-dpr-sambil-bawa-kembang.
Penulis : Vitorio Mantalean

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved