Kini Jadi Wakil Rakyat, Begini Jawaban Mantan Jubir KPK Soal Korupsi di DPR RI

Johan Budi menyebut jika tidak semua anggota DPR RI berkinerja buruk. Pernyatan Johan berbanding terbalik dengan survey Litbang Kompas.

Kompas.com
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi. 

SEMPAT berada di KPK RI kini anggota DPR RI 2019-2024 Johan Budi terdengar lebih halus saat ditanya soal korupsi di lembaga legislatif.

Mantan juru bicara KPK itu menyebut jika tidak seluruh anggota DPR korupsi.

Johan tidak menampik soal pesimisme publik terhadap dirinya saat mencalonkan diri menjadi anggota legislatif dari PDI Perjuangan.

DAFTAR Anggota DPR 2014-2019 yang Ditangkap KPK, Wakil Rakyat Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini

“Kalau kita mau jujur tentu lebih banyak pejabat selain DPR yang kena KPK,” kata Johan Budi saat diwawancarai Kompas Tv Selasa (1/10/2019).

Johan menuding, citra buruk anggota DPR RI itu tidak lepas dari pemberitaan media massa yang dianggap lebih menyorot keburukan DPR ketimbang kinerja baik wakil rakyat.

“Saya yakin banyak anggota DPR yang baik tapi selama ini yang muncul di pemberitaan anggota DPR yang ditangkap KPK, tapi jarang berita yang mengungkap anggota DPR yang turun ke rakyatnya” kata Johan.

Jihan Fahira Terus Mendukung Pekerjaan dan Kesibukan Primus Yustisio Bekerja Sebagai Anggota DPR

Oleh karenanya, Johan optimis ia akan tetap menjadi pribadi yang sama saat menjadi anggota DPR RI.

“Saya ingin buktikan tidak abu-abu bisa jadi anggota DPR. Yakni dengan melaksanakan prinsip dimanapun berada, yaitu tidak koruptif misalnya juga dalam kampanye saya tidak mau money politic,” ujar Johan.

Diketahui kepuasan terhadap anggota DPR RI memang masih jauh di bawah harapan.

Dikutip dari Kompas.com berdasarkan survey Litbang Kompas, kinerja DPR RI periode 2014-2019 di akhir masa jabatan mendapat penilaian kurang memuaskan.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved