Gawat, Ada 1 Juta Ulasan Palsu di TripAdvisor

TripAdvisor menurunkan peringkat 34.643 bisnis di situsnya karena menulis atau membayar pihak ketiga untuk membuat ulasan palsu pada 2018.

Gawat, Ada 1 Juta Ulasan Palsu di TripAdvisor
thinkstockphotos
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- TripAdvisor menurunkan peringkat 34.643 bisnis di situsnya karena menulis atau membayar pihak ketiga untuk membuat ulasan palsu pada 2018.

Lewat '2019 Review Transparency Report' yang dirilis oleh TripAdvisor, disebutkan bahwa satu dari 50 ulasan yang dikirim ke situs perbandingan perjalanan adalah fiktif.

Situs web milik Amerika Serikat yang digunakan oleh 490 juta orang per bulan untuk membandingkan akomodasi, keramahtamahan, dan pilihan perjalanan, mengatakan bahwa 34.643 bisnis yang tercantum di TripAdvisor mengeksploitasi 1,4 juta ulasan palsu.

Sebanyak 1,4 juta ulasan palsu atau setara 2,1 persen dari 66 juta ulasan yang diajukan pada 2018 terdeteksi melalui teknologi analisis otomatis dan moderasi manusia milik TripAdvisor.

Bagi Penyuka Minuman Bubble Tea, Bisa Sambangi Boba Fest di Mal Ini

"Saya pikir ini sangat bagus. Bisnis seperti TripAdvisor memiliki tanggung jawab untuk memastikan informasi yang mereka bagikan memiliki tingkat akurasi," ujar Dean Long, Kepala Eksekutif Asosiasi Akomodasi Australia.

Long mengatakan, setiap situs perjalanan tidak bisa berdiam menjadi distributor informasi yang salah dan mengatakan itu bukan salah mereka.

Jika situs tersebut menjadi distributor ulasan palsu, Long menyebut situs tersebut harus bertanggung jawab.

Situs web yang menjajakan jasa pembuat ulasan palsu positif atau kritik negatif terhadap saingan juga semakin diawasi oleh regulator.

Jasa pembuat ulasan palsu ini mudah ditemui di situs web terkenal seperti eBay dan Facebook.

Tahun lalu, TripAdvisor memberikan bukti yang membantu memenjarakan seorang pria Italia selama sembilan bulan setelah mencoba menjual lebih dari 1.000 ulasan fiktif ke restoran dan hotel untuk meningkatkan peringkat mereka.

5 Cara Agar Tubuh Bugar Ala Pelatih Selebriti Hollywood, Kurangi Penggunaan Gadget?

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved