Kompensasi TPST Bantargebang

2020, Pemkot Bekasi Ajukan Uang Bau dan Kemitraan ke Pemprov DKI Jakarta Hampir Rp 1 Triliun

Tahun 2020, Pemkot Bekasi Ajukan Uang Bau dan Kemitraan ke Pemprov DKI Jakarta Hampir Rp 1 Triliun. Namun APBD DKI 2020 Hanya Anggarkan Rp 406 Miliar

2020, Pemkot Bekasi Ajukan Uang Bau dan Kemitraan ke Pemprov DKI Jakarta Hampir Rp 1 Triliun
Warta Kota/Muhamad Azzam
Sejumlah pemulung sedang mengais sampah yang memiliki nilai ekonimis di TPA Bantargebang. Kota Bekasi ajukan pemberian uang bau kepada 18 ribu keluarga terdampak TPST Bantargebang sebesar Rp 900 ribu pertiga bulan sekali. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengusulkan bantuan keuangan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan nilai hampir Rp 1 triliun untuk tahun 2020.

Usulan terbagi menjadi dua, yaitu kompensasi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang milik DKI Jakarta, dan dana kemitraan.

Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Bekasi, Dinar Faizal Badar mengatakan, untuk kompensasi diusulkan sebesar Rp 367 miliar.

Dana tersebut untuk pemberian uang bau kepada 18 ribu keluarga terdampak TPST Bantargebang sebesar Rp 900 ribu per tiga bulan sekali.

Sebagian dari dana itu juga untuk  pembangunan infrastuktur di kawasan Bantargebang.

Sementara untuk dana kemitraan, Pemkot Bekasi mengusulkan sebesar Rp 400-500 miliar.

"Itu baru nilai usulan saja, dan sudah diajukan ke Pemprov DKI Jakarta melalui proposal di bagian kerja sama dan investasi (KSI) Kota Bekasi. Kami belum tahu berapa besaran yang akan disetujui," ujar dia, Kamis (19/9/2019).

Ia menjelaskan untuk dana kemitraan ini akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan infrastuktur di luar kawasan Bantargebang, seperti pembangunan jalan, fasilitas publik maupun lainnya.

"Ini kan sudah kesepakatan, selain dana kompensasi bau ada dana kemitraan," uca dia.

Akan tetapi jika dilihat dari data KUAPPS APBD DKI Jakarta menyebut, Kota Bekasi mendapatkan bantuan keuangan pada tahun 2020 senilai Rp 406 miliar.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved