Bisnis

Dukung Startup Kembangkan Bisnis, Gojek dan Digitaraya Luncurkan Program Akselerasi Gojek Xcelerate

Program kerja sama Gojek dan Digitaraya ini tidak hanya bertujuan melahirkan startup potensial Indonesia, tapi juga mendukung pertumbuhan bisnisnya.

Dukung Startup Kembangkan Bisnis, Gojek dan Digitaraya Luncurkan Program Akselerasi Gojek Xcelerate
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Presiden Gojek Group Andre Soelistyo; Investor Digitaraya Gibran Rakabuming; Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita; Managing Director Digitaraya Nicole Yap; dan Head of Developer Relations & Startup Ecosystem for Asia, Africa, and the Middle East Google Sebastian Trzcinski-Clement (kanan) dalam peluncuran program Gojek Xcelerate di Menara Digitaraya Lantai 3, Jl. Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Selasa (10/9/2019). 

Sebanyak 20 startup yang terpilih mengikuti program Gojek Xcelerate adalah startup yang dinilai paling memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sudah lolos tahap seleksi yang ketat.

GOJEK bekerja sama dengan Digitaraya meluncurkan program Gojek Xcelerate di Menara Digitaraya Lantai 3, Jl. Raden Saleh, Cikini, Jakarta.

Program kerja sama Gojek dan Digitaraya ini tidak hanya bertujuan melahirkan banyak startup potensial asal Indonesia, tapi juga mendukung pertumbuhan bisnisnya.

Adapun penyusunan kurikulum akselerasi startup ini melibatkan berbagai perusahaan teknologi dan organisasi global, seperti Google Developers Launchpad, McKinsey & Company, dan UBS.

Gojek Bergabung, Layanan Taksi Online di Bandara Soekarno-Hatta Makin Lengkap

Rangkul Puluhan UKM, Gojek Kembali Gelar Jakarta Culinary Festival 2019

Cetak Lebih Banyak Unicorn, Gojek dan Digitaraya Luncurkan Gojek Xcelerate

Gojek Xcelerate akan memberikan serangkaian program akselerasi intensif selama 6 bulan kepada 20 startup Indonesia yang dibagi dalam 4 batch.

20 startup yang terpilih mengikuti Gojek Xcelerate adalah startup yang dinilai paling memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sudah lolos tahap seleksi yang ketat.

"Syarat startup untuk bergabung (di Gojek Xcelerate), sebenarnya siapapun (startup) yang penting sudah establish, sudah memiliki tim. Startup di luar pulau jawa juga boleh ikutan," tutur Senior Vice President of Product Management Gojek, Dian Rosanti, saat peluncuran program ini, Selasa (10/9/2019).

Startup yang terpilih di Gojek Xcelerate nanti, lanjut Dian, akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan platform Gojek. 

"Startup terpilih itu memiliki produk dan layanan yang mampu menjawab kebutuhan harian konsumen Gojek," sebutnya.

Akselerator yang sukses

Dian mengatakan, bahwa pemilihan Digitaraya sebagai rekanan Gojek dalam program ini, karena dinilai telah terbukti menjadi akselerator sukses.

Digitaraya merupakan akselerator yang didukung oleh Google Developers Launchpad dan Google for Startups.

Sejak hadir pada pertengahan 2018, Digitaraya telah meluluskan lebih dari 50 startup dari 12 negara di Asia Pasifik.

"Selama 8 tahun berkembang, kami merasa perlu untuk membagikan ilmu-ilmu kami, dan kami membutuhkan platform akselerator yang lebih terstruktur. Digitaraya kami pilih karena terbukti telah meluluskan 50 startup," jelas Dian.

Bantu kembangkan bisnis startup

Presiden Gojek Group Andre Soelistyo mengungkapkan program akselerator ini akan dapat membantu startup mengembangkan bisnisnya.

Menurutnya, startup membutuhkan proses pembelajaran berkelanjutan, tidak hanya untuk bertahan, tapi juga berkembang. Hal ini pula yang menjadi alasan Gojek bersama Digitaraya menghadirkan program akselerator Gojek Xcelerate.

"Melalui proses berbagi praktik di Gojek Xcelerate ini, akan banyak tercipta inovasi solusi nyata bagi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat."

"Kami berharap program ini bisa membuat lebih banyak startup karya anak bangsa," ungkap Andre di kesempatan yang sama.

Sementara itu, Managing Director Digitaraya Nicole Yap mengatakan, kehadiran Gojek Xcelerate diharapkan dapat membuka kesempatan bagi lebih banyak startup Indonesia untuk berkembang.

Nicole mengungkapkan, ada banyak pelajaran yang harus dipahami dalam mengembangkan startup, dan membuat bisnis mereka bertahan.

"Kami memang bukan satu-satunya akselerator, tapi ingin memberikan lebih banyak kesempatan untuk startup-startup di Indonesia," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved