Operasi Patuh Jaya

Jelang Operasi Patuh Jaya, Hati-hati dengan Razia Ilegal, Ini Prosedur dan Ciri Razia Resmi Polisi

POLISI siap 'mengincar' para pengendara sepeda motor yang melawan arah dan pemasangan lampu rotator ilegal dalam gelaran Operasi Patuh Jaya 2019.

Jelang Operasi Patuh Jaya, Hati-hati dengan Razia Ilegal, Ini Prosedur dan Ciri Razia Resmi Polisi
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Sejumlah pengendara terjaring Operasi Patuh Jaya 2018 di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Rabu (3/5/2018). 

Dalam hal Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dilakukan pada malam hari, petugas wajib: A. Menempatkan tanda sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3); b. Memasang lampu isyarat bercahaya kuning; dan c. Memakai rompi yang memantulkan cahaya.

POLISI siap 'mengincar' para pengendara sepeda motor yang melawan arah dan pemasangan lampu rotator yang tak sesuai ketentuan dalam gelaran Operasi Patuh Jaya 2019.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mulai menggelar operasi ini pada 29 Agustus sampai dengan 11 September 2019.

Penyelengaraan tilang dan penilangan tidak bisa sembarangan sebab ada prosedurnya. Bila sembarangan, sangat dimungkinkan itu adalah razia ilegal alias tidak resmi.

Salah satunya yakni polisi yang memberhentikan pelanggar wajib menyapa dengan sopan serta menunjukan jati diri dengan jelas.

Jelang Operasi Patuh Jaya 2019, Pahami Perbedaan Surat Tilang Warna Merah dan Biru Berikut Ini

Langgar Lalu Lintas, Denda hingga Rp 1 Juta Menanti Anda, Ini Daftar Tilang Operasi Patuh Jaya 2019

Dimulai 29 Agustus, Ini Target Pelanggaran Pengendara pada Operasi Patuh Jaya 2019, Catat ya

Polisi juga harus menerangkan dengan jelas kepada pelanggar apa kesalahan yang terjadi, pasal berapa yang telah dilanggar, dan tabel berisi jumlah denda yang harus dibayar oleh pelanggar.

Prosedur mengenai tata cara tilang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau PP Tilang.

Sejumlah petugas Polantas melakukan Operasi Patuh Jaya 2017 di Jalan Otista, Jakarta Timur, Selasa (15/8). Selain memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan petugas juga memeriksa pajak kendaraan.
Sejumlah petugas Polantas melakukan Operasi Patuh Jaya 2017 di Jalan Otista, Jakarta Timur, Selasa (15/8). Selain memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan petugas juga memeriksa pajak kendaraan. (Warta Kota/Adhy Kelana)

Prosedur cara tilang yang diatur dalam PP Tilang:

Petugas Pemeriksa

Pasal 9

Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dilakukan oleh:

a. Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan

b.Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 10

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved