Pelayanan Publik

Upaya Antisipasi Kekeringan di Jakarta Barat Mulai Buat Sumur Resapan Hingga Koordinasi dengan PDAM

Sebagian besar wilayah Banten dan Jakarta mengalami kekeringan dalam rentang waktu dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari.

Upaya Antisipasi Kekeringan di Jakarta Barat Mulai Buat Sumur Resapan Hingga Koordinasi dengan PDAM
Warta Kota/adhy kelana
Ilustrasi. Tampak dua orang pekerja tengah memasang jaring yang terbuat dari pelastik untuk dipasangkan ke dalam sumur resapan. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap wilayah yang mengalami kekeringan seperti DKI Jakarta dan Banten.

Berdasarkan data hari tanpa hujan (HTH) sampai 20 Agustus 2019 menunjukkan, sebagian besar wilayah Banten dan Jakarta mengalami kekeringan dalam rentang waktu dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari.

Meski begitu, beberapa wilayah di Jakarta Barat belum terdampak kekeringan ini, namun untuk mengantisipasinya beberapa pihak tengah melakukan upaya agar kekeringan tidak berdampak luas.

Seperti yang dilakukan oleh, Camat Kembangan, Jakarta Barat Agus Ramdani pihaknya tengah berkoordinasi dengan PDAM untuk menempatkan mobil tangki di beberapa wilayah yang kemungkinan terdampak.

"Kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Pak lurah, RT, RW, termasuk LMK. Kita juga menunggu dari PAM yang akan menindaklanjuti."

"Ini sudah dirapatkan di tingkat kelurahan melalui Pak RW dan Pak RT," kata Agus Ramdani, Kamis (22/8/2019).

Kendati antisipasi sudah dipersiapkan, Agus menyebut kesadaran warga untuk hemat air menjadi yang utama.

Polisi Masih Cek dan Klarifikasi Pelaporan Video Dugaan Penistaan Ustadz Abdul Somad

Ia pun mengingatkan warganya untuk tak membuang air secara percuma.

"Misalnya, untuk menyiram tanaman bisa dari air kita bekas mandi. Jadi tidak langsung kita buang tapi kita tampung juga," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data BMKG, jika kawasan Kedoya Selatan juga menjadi salah satu wilayah yang terdampak kekeringan, meski begitu Lurah Kedoya Selatan mengaku saat ini wilayahnya belum terdampak atas kemarau panjang ini.

Halaman
1234
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved