Pembatasan Usia Kendaraan

Soal Pembatasan Usia Kendaraan Pribadi di Jakarta, Begini Kata Komunitas Motor Klasik

KENDARAAN pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di Ibu Kota Jakarta.

Soal Pembatasan Usia Kendaraan Pribadi di Jakarta, Begini Kata Komunitas Motor Klasik
Istimewa
DERETAN Vespa tua dengan kondisi yang masih terawat dijadikan hobi motor klastik oleh pemiliknya. 

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025..."

KENDARAAN pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di Ibu Kota Jakarta. 

Demikian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam instruksi gubernur (Ingub) nya, ketika meminta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan aturan pembatasan usia kendaraan pribadi.

Diwacanakan, pada 2025 mendatang kendaraan pribadi yang usianya sudah lebih dari 10 tahun atau satu dekade tidak boleh lagi beroperasi di Jakarta.

Hal ini tertuang dalam Ingub No 66 Tahun 2019 Nomor 3.

Selain Ganjil Genap Buat Motor, Anies Bakal Larang Mobil Berusia Lebih dari 10 Tahun ke Jakarta

Anies Baswedan Bebaskan Kendaraan Listrik dari Aturan Ganjil Genap, Ini Alasannya

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025," tulis Ingub tersebut dikutip Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Menilik kata kendaraan pribadi yang tidak diterangkan apakah merujuk pada mobil atau sepeda motor, maka bisa diasumsikan bahwa peraturan tersebut akan menyasar keduanya, baik roda empat maupun roda dua.

HONDA Astrea Star. Sepeda motor yang rilis pertama kali tahun 1985 ini masih banyak yang dirawat dan dijadikan hobi motor klasik oleh pemiliknya.
HONDA Astrea Star. Sepeda motor yang rilis pertama kali tahun 1985 ini masih banyak yang dirawat dan dijadikan hobi motor klasik oleh pemiliknya. (gymlive.net)

Motor Hobi

Byon, salah satu punggawa komunitas motor bebek retro, C’Duck Astrea, yang beberapa tahun ini sedang tren bebek berusia lanjut, mengatakan, motor di atas 10 tahun biasanya adalah motor hobi yang penggunaannya berbeda dengan motor harian.

"Ini berat, karena kita penghobi kendaraan klasik inginnya melestarikan, jadi tetap masih ada kendaraan antik berkeliaran di jalanan Ibu Kota kita tercinta ini," tuturnya.

"Di samping melestarikan kita juga berbagi memori untuk para pengendara lain yg mungkin dulu pernah punya. Jadi mudah-mudahan sih tidak jadi dilarang," imbuh Byon.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved