Breaking News:

Jual Beli Data Kependudukan

SIMAK 4 Modus Pencurian Data Pribadi untuk Praktik Jual Beli Data Kependudukan di Medsis

SIMAK 4 Modus Pencurian Data Pribadi untuk Praktik Jual Beli Data Kependudukan di Medsis

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor:
Warta Kota/mohamad yusuf
SIMAK 4 Modus Pencurian Data Pribadi untuk Praktik Jual Beli Data Kependudukan di Medsis. Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh (kiri( saat menemui Hendra Hendrawan (kanan), pemilik akun Twitter @hendralm di Pusdiklat Kepemimpinan LAN RI, Pejompongan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019). 

Pencurian data pribadi dilakukan dengan cara membuat akun di situs jual beli, membuka lowongan pekerjaan,  menawarkan pinjaman, hingga menemui langsung dengan imbalan bahan pokok.

WARTA KOTA, JAKARTA --- Praktik jual beli data kependudukan di media sosial benar adanya. Bagaimana data kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan atau NIK, data Kartu Keluarga atau KK, KTP elektronik atau e-KTP, berserta  nomor telepon bisa diperjualbelikan?

Berikut ini ada 4 modus pencurian data pribadi yang disampaikan oleh Hendra Hendrawan. Hendra Gunawan adalah pemilik akun Facebook atas nama  Samuel Christian dan akun Twitter @hendralm.

Menurut Hendra Gunawan, setidaknya ada 4 modus pencurian data pribadi oleh pelaku yang disebutnya sebagai si pemulung data.

Pertama, pelaku membuat akun di situs jual beli.

Sebagai pembeli pelaku berpura-pura memverifikasi dengan minta foto selfie si pemilik barang lengkap memegang KTP elektronik atau e-KTP.

Si pelaku juga mengirim foto selfie, tapi yang dipakai adalah data milik orang lain.

Kedua, membuka lowongan kerja di situs jual beli dengan mensyaratkan data KTP elektronik dan KK.

Modus ketiga adalah melalui penawaran pinjaman dana dengan syarat data KTP elektronik.

"Bahkan, ada yang mendatangi langsung masyarakat di kampung-kampung memberikan sembako dengan imbalan foto KTP elektronik dan KK," ungkap Hendra  Gunawan kepada wartawan di Pusdiklat Kepemimpinan LAN RI, Pejompongan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved