Jurnalis Arab Saudi Hilang

Pakar HAM PBB: Ada Bukti Putra Mahkota Arab Saudi MBS Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

HASIL penyelidikan independen pakar HAM PBB menyimpulkan, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran MBS terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Pakar HAM PBB: Ada Bukti Putra Mahkota Arab Saudi MBS Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi
straitstimes.com
JURNALIS Jamal Khashoggi dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) 

Penyelidik PBB Agnes Callamard menyebutkan, 15 nama yang dianggap sebagai tim pembunuh Jamal Khashoggi ternyata tidak ada di dalam daftar 11 pelaku yang saat ini tengah menjalani persidangan di Saudi. Maka ia meminta proses persidangan itu ditangguhkan.

HASIL penyelidikan independen dari pakar Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyimpulkan, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dari hasil penyelidikan yang digelar awal tahun lalu, Agnes Callamard Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi Ekstrayudisial, Ringkasan, dan Arbitrasi, menuturkan bahwa putra mahkota Arab Saudi Pangeran MBS bertanggung jawab atas kematian Khashoggi.

"Tidak diragukan terdapat bukti kredibel yang mengharuskan dilakukannya penyelidikan terhadap pejabat tinggi Saudi, termasuk Putra Mahkota," ujar Penyelidik PBB Agnes Callamard seperti dikutip AFP Rabu (19/6/2019).

PBB: Jamal Khashoggi Korban Pembunuhan Brutal dan Terencana Pejabat Arab Saudi

Putra Jamal Khashoggi Bantah Terima Kompensasi Uang Darah Kematian Sang Ayah

Raja Salman Dikabarkan Bersitegang dengan Pangeran MBS, Sejak Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

AGNES Callamard, Ketua tim investigasi PBB untuk kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.
AGNES Callamard, Ketua tim investigasi PBB untuk kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi. (rappler.com)

Laporan itu tidak menekankan adanya kesimpulan telah terjadi pelanggaran.

Satu-satunya kesimpulan, seperti dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, adalah adanya bukti yang membutuhkan investigasi lebih lanjut.

Dia menuturkan salah satu bukti yang diperolehnya memperlihatkan Khashoggi menyadari penuh kekuasaan yang dipegang oleh MBS, dan begitu takut terhadapnya.

Editor Diplomatik Al Jazeera James Bays yang melaporkan langsung dari markas PBB di New Yor mengatakan, penemuan Callamard jelas "memberatkan".

"Dalam laporan ini, terlihat jelas siapa yang harus disalahkan. Callamard menjelaskan bahwa Saudi melakukan pembunuhan berencana terhadap Khashoggi," ujar Bays.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Menlu AS: Amerika Tidak Menutup-nutupi Kasus Ini

Dikecam 36 Negara soal Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi, Arab Saudi Malah Balik Mengutuk 

PUTRA tertua Jamal Khashoggi, Salah (kiri) berjabat tangan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, dalam pertemuan keduanya di Istana Kerajaan Saudi, Riyadh, Selasa (23/10/2018).
PUTRA tertua Jamal Khashoggi, Salah (kiri) berjabat tangan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, dalam pertemuan keduanya di Istana Kerajaan Saudi, Riyadh, Selasa (23/10/2018). (AFP/Handout/Saudi Press Agency)

Dibunuh di Konsulat Arab Saudi

Jamal Khashoggi kolumnis Washington Post sekaligus pengkritik MBS, dibunuh ketika datang ke Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

Halaman
1234
Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved