Pendatang Tak Ber-KTP Depok Terancam 'Diusir' ke Daerah Asal

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Depok melakukan operasi yustisi kependudukan sejak Sabtu (8/6/2019).

Pendatang Tak Ber-KTP Depok Terancam 'Diusir' ke Daerah Asal
Warta Kota/Gopis Simatupang
Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad. 

Pendatang yang ketahuan tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) manapun akan dijerat dengan pasal tindak pidana ringan (tipiring).

Bagi pendatang ber-KTP luar Depok, Dinas Dukcapil akan mencatat asal kedatangan dan tujuan kedatangan si pendatang ke kota belimbing.

WARTA KOTA, DEPOK--- Bertepatan dengan habisnya masa libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, warga Kota Depok berangsur kembali ke kediaman masing-masing setelah menikmati Lebaran di kampung halaman.

Guna mengantisipasi munculnya pendatang gelap yang turut dibawa serta oleh orang Depok dari kampungnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Depok melakukan operasi yustisi kependudukan sejak Sabtu (8/6/2019).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad, mengatakan, pendatang yang ketahuan tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) manapun akan dijerat dengan pasal tindak pidana ringan (tipiring).

Dua Pencuri Tabung Gas 3 Kilogram di Bekasi Ditangkap

Sedangkan pendatang yang kedapatan KTP-nya luar Kota Depok, wajib mengajukan surat keterangan tempat tinggal (SKTT).

"Kami sejak kemarin sudah inspeksi ke beberapa titik kedatangan warga Depok," ujar Idris di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Senin (10/6/2019).

Idris mengatakan, bagi pendatang ber-KTP luar Depok, Dinas Dukcapil akan mencatat asal kedatangan dan tujuan kedatangan si pendatang ke kota belimbing.

Warga Sebut Adi Pernah Dalami Ilmu Spiritual

"Datang dari mana, mau apa segala macam, inilah yang nanti akan menjadi perhatian kami," kata Idris.

Idris mengatakan, Pemkot Depok akan meminta kepada pendatang untuk mengurus surat keterangan tempat tinggal sesuai dengan ketentuan selama enam bulan.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved