Pemilu 2019

Polisi Masih Dalami Dalang di Balik Kerusuhan Aksi 22 Mei

Polda Metro Jaya masih mendalami siapa dalang dibalik kerusuhan yang terjadi dalam aksi 22 Mei di tiga lokasi di Jakarta yakni di depan Gedung Bawaslu

Polisi Masih Dalami Dalang di Balik Kerusuhan Aksi 22 Mei
Warta Kota/Alex Suban
Para perusuh menutupi wajahnya saat melakukan tindakan anarkis ke arah aparat kemanan yang berjaga di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). 

Polda Metro Jaya masih mendalami siapa dalang di balik kerusuhan yang terjadi dalam aksi 22 Mei di tiga lokasi di Jakarta yakni di depan Gedung Bawaslu, di kawasan Tanah Abang, dan di kawasan Petamburan.

PENDALAMAN dilakukan dengan menganalisa dan mengkaji barabg bukti yang didapat, mulai dari rekaman hingga keterangan para pelaku kerusuhan yang sudah dibekuk jajaran Polda Metro Jaya.

Kabid humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan bahwa aksi kerusuhan yang terjadi dalam aksi 22 Mei di tiga lokasi di Jakarta itu, dapat terjadi karena sudah direncanakan dan di-setting sedemikian rupa atau sudah by design.

"Jadi Ini semua tidak spontan, namun sudah direncanakan atau disetting sedemikian rupa. Kita masih dalami semuanya mulai dari barang bukti yang didapat hingga keterangan para pelaku kerusuhan," kata Argo, Senin (27/5/2019).

Dari sana kata Argo diharapkan dapat diketahui siapa aktor atau dalang dibalik aksi massa yang berujung rusuh tersebut.

 BEREDAR, Sandiaga dan AHY Masuk di Susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi, Begini Katanya

 Mahfud MD Bela Bambang Widjojanto Pengacara Kubu Prabowo yang Sebut MK Mahkamah Kalkulator

 Muncul Petisi Meminta Presiden Jokowi dan Mendagri Copot Anies Sebagai Gubernur, Ini Tanggapan Anies

 TRAGIS Suami-Istri Cekcok di Depan Dua Anaknya Hingga Berujung Maut: Sudah Pa Sudah Pa, Kasihan Mama

"Siapa pihak di balik semua ini masih didalami," katanya.

Menurut Argo, Polri sudah membentuk tim gabungan pencari fakta dalam mengusut tuntas kasus ini.

Sebelumnya Argo menjelaskan bahwa sedikitnya sebanyak 257 orang yang merupakan pelaku kerusuhan termasuk provokator dan pelaku perusakan dari tiga lokasi kerusuhan yang terjadi di Jakarta, mulai Selasa (21/5/2019) malam sampai Rabu (22/5/2019), telah dibekuk polisi dan ditetapkan tersangka.

Mereka dibekuk dari tiga lokasi kerusuhan terjadi yakni di depan Gedung Bawaslu, di Asrama Polri Petamburan dan di Asrama Polri, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.

Diduga kuat para tersangka dari tiga lokasi kerusuhan ini, saling terkait karena dikendalikan atau disuruh oleh satu pihak atau kelompok yang sama.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved