Mudik Lebaran

ASDP Optimis Layani 4,67 Juta Pemudik dengan Lancar, Aman, dan Nyaman

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) optimistis layanan penyeberangan selama periode Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman.

ASDP Optimis Layani 4,67 Juta Pemudik dengan Lancar, Aman, dan Nyaman
Warta Kota/Gopis Simatupang
ILUSTRASI - Suasana antrean kendaraan menuju kapal di Pelabuhan Merak, Banten. 

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) optimistis layanan penyeberangan selama periode Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman.

Pihaknya siap melayani 4,67 juta pemudik dan 1,11 juta kendaraan di lintasan terpantau nasional selama periode mudik pada H-1 hingga H+7 Lebaran.

Tercatat ada tujuh lintasan penyeberangan utama (terpantau nasional) selama arus mudik dan balik.

Ketujuh lintasan penyeberangan utama itu yakni, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau (Balikpapan), Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-api (Bangka).

Adapun tahun ini bertambah dari dua menjadi sembilan lintasan yang akan dipantau secara nasional, yakni lintasan Danau Toba, dan Bira-Pamatata (Selayar).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, saat ditemui di Kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) mengatakan arus mudik dan balik tahun ini diperkirakan jauh lebih lancar menyusul ketentuan cuti bersama yang relatif panjang, sehingga periode waktu libur juga lebih lama.

"Selain lancar, dengan pemudik juga akan merasakan perjalanan mudik yang lebih nyaman dengan adanya terminal dan kapal eksekutif ASDP di Merak dan Bakauheni," kata Ira Puspadewi.

Ini Cara Ditjen Hubdat Antisipasi Kemacetan pada Mudik Lebaran di Penyeberangan Merak-Bakauheni

Jumlah Pemudik Angkutan Bus Diprediksi Naik 25 Persen Tahun 2019

Mudik Lebaran Naik Kereta Api, Perhatikan Aturan Bawa Barang ke Dalam Kereta Api

Puncak arus juga diperkirakan lebih terdistributif yang jatuh pada akhir pekan. Yaitu saat mudik mulai Jumat (31/5/2019) hingga Minggu (2/6/2019) dan puncak arus balik pada Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/6/2019).

"Secara nasional, kesiapan alat produksi Angkutan Lebaran 2019 juga memadai, yang akan dilayani oleh 29 cabang, 35 pelabuhan, 229 lintasan dan 150 unit kapal (termasuk swasta)," jelasnya.

Tahun ini, lanjutnya, total jumlah pemudik Angkutan Lebaran di lintasan terpantau nasional diprediksi mencapai 4,67 juta orang atau naik 4,8 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 4,45 juta orang.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved