Berita Video

VIDEO: Pengacara Dirut PLN Sofyan Basir Minta Kliennya Tidak Ditahan

Ia mengatakan, upaya gugatan praperadilan yang diajukan kliennya itu bukanlah bentuk perlawanan terhadap KPK.

Kuasa Hukum tersangka kasus dugaan suap terkait Kesepakatan Kontrak Kerjasama Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap, PLTU Riau-1 Sofyan Basir, Soesilo Aribowo, memina agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak melakukan penahanan atas kliennya selama masa persidangan gugatan praperadilan kliennya.

"Saya berharap, praperadilan ini bisa segera dimulai dan harapan saya supaya selama praperadilan jangan ada semacam penahanan, supaya bisa clear dengan baik," kata Soesilo usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (20/5/2019).

Ia mengatakan, upaya gugatan praperadilan yang diajukan kliennya itu bukanlah bentuk perlawanan terhadap KPK.

"Sekali lagi ini bukan melawan KPK, tapi klien saya mencoba tanya apa sih yang jadi dasar penetapan itu (tersangka). Sekali lagi jangan diulis melawan KPK, tidak. Ini kan hak," kata Soesilo. Ia juga mengaku kecewa karena sidang perdana gugatan praperadilan kliennya pada Senin (20/5/20019) ditunda hingga tiga minggu ke depan.

"Sebenarnya kecewa karena ini kami ingin proses cepat supaya pemohon Pak Sofyan bisa segera tahu status tersangkanya," kata Soesilo.

Ia pun menilai, penundaan tersebut sebetulnya cukup dilakukan selama seminggu atau tiga hari.

"Kami sebenarnya ingin menunda ya kalaupun bisa, seminggu saja, atau kurang dari seminggu. Tiga hari saya rasa cukup," kata Soesilo.

Ia pun enggan menjelaskan poin-poun gugatan praperadilan yang akan disampaikannya karena belum dibacakan di ruang sidang.

Meski begitu, ia mengatakan ada sekira lima sampai enam poin gugatan yang berkaitan dengan penetapan tersangka kliennya.

"Karena ini belum saya bacakan, kurang elok kalau saya jelaskan disini. Saya kira hampir rata rata lima sampai enam saja," kata Soesilo.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved