Ujian Nasional Berbasis Komputer

UNBK SMP, Mayoritas Siswa SMPN 195 Pakai Laptop Pribadi

"Rata-rata sekolah enggak punya laptop sampai 120, enggak ada, itu semya dari siswa. Kalau di sekolah hanya ada PC yang digunakan untuk pelajaran komp

UNBK SMP, Mayoritas Siswa SMPN 195 Pakai Laptop Pribadi
Warta Kota
Wali Kota Jakarta Timur pantau UNBK 

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan di Jakarta, Senin (22/4). Mata pelajaran yang diujikan di hari pertama yakni Bahasa Indonesia.

Berdasarkan pantauan di SMPN 195, mayoritas siswa menggunakan laptop pribadinya untuk mengerjakan soal ujian. Hal itu dilakukan lantaran pihak sekolah hanya memiliki sebanyak 20 unit perangkat komputer. Sementara, jumlah siswa kelas IX yang mengikuti ujian ada sebanyak 248 siswa.

"Kalau menyediakan semua enggak mungkin, jadi kita mengimbau orangtua untuk meminjamkan laptopnya ke anaknya. Jadi mereka membawa dari rumah masing-masing," kata Kepala Sekolah SMPN 195 Jakarta Ita Nurwati di lokasi.

UNBK SMP, Belajar Lima Kali Sehari Demi Masuk SMA negeri Favorit

Ita menambahkan unian dibagi menjadi dua sesi. Laptop yang dipinjam pihak sekolah kepada orang tua murid ada sebanyak 150 unit perangkat. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan peserta UNBK di SMP 195 sebanyak 124 di setiap sesinya.

"Sekolah kami hanya memiliki 20 perangkat komputer. Dari jauh-jauh hari sudah kami beritahukan kepada orang tua murid agar masing-masing siswa membawa laptop menjelang UNBK," ujarnya.

Tahun ini merupakan kali keempat SMPN 195 menggelar UNBK. Sama seperti di tahun sebelumnya, pihak sekolah saat itu juga meminjam perangkat laptop milik orang tua murid. Menurut Ita, kondisi serupa juga lazim ditemui di sekolah lain.

Kursinya Mau Direbut M Taufik, Ketua DPRD Pras Bilang Gerindra Aja Kalah Sama PKS

"Rata-rata sekolah enggak punya laptop sampai 120, enggak ada, itu semya dari siswa. Kalau di sekolah hanya ada PC yang digunakan untuk pelajaran komputer," kata Ita.

Sebelum UNBK dilakukan, perangkat laptop yang digunakan para siswa sudah melalui proses standarisasi oleh pihak sekolah untuk menghindari terjadinya kecurangan.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengapresiasi para siswa yang berkenan untuk meminjamkan laptopnya untuk kepentingan UNBK 

"Para siswa jadinya bisa lebih menguasai dalam mengerjakan soal di laptopnya," kata Anwar. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved