Penipuan

Penceramah Ini Dicokok Polisi Diduga Tipu Korbannya Urus Visa Haji Rp2 Miliar

ABM diduga telah menipu korbannya dengan dalih mampu mengurus visa haji furodah bagi 27 orang, senilai 136.500 US Dolar atau setara lebih dari Rp 2 Mi

Penceramah Ini Dicokok Polisi Diduga Tipu Korbannya Urus Visa Haji Rp2 Miliar
Tribunnews.com
Ilustrasi. 

SEMANGGI, WARTAKOTALIVE.COM -- Jajaran Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk ABM, pria yang dikenal sebagai seorang ulama dan penceramah, di rumahnya di Perum Taman Permata Cikunir, Bekasi, Kamis (4/4/2019) subuh sekira pukul 04.30.

ABM diduga telah menipu korbannya dengan dalih mampu mengurus visa haji furodah bagi 27 orang, senilai 136.500 US Dolar atau setara lebih dari Rp 2 Miliar.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Kamis (4/4/2019) malam.

"Telah dilakukan penangkapan terhadap ABM, di Perum Taman Permata Cikunir, Bekasi, Kamis 4 April 2019 pukul 04.30. Diduga ia melakukan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP," kata Argo.

Menurut Argo penipuan yang dilakukan ABM terhadap korbannya terjadi pada 24 Agustus 2018, di jakarta Selatan.

"Korban percaya terhadap terlapor karena terlapor seorang ulama dan sering ceramah di berbagai tempat," kata Argo.

Korban katanya sudah menyerahkan uang ke ABM sebanyak 136.500 US Dolar atau setara lebih dari Rp 2 Miliar untuk mengurus visa haji furodah bagi 27 orang.

Visa haji furodah adalah visa diberikan langsung oleh Kerajaan Arab Saudi (KSA) diluar kuota visa haji dari pemerintah.

Namun setelah membayar uang pengurusan visa haji furodah tersebut, terlapor tak juga mampu menyediakan visa haji yang dimaksud setelah beberapa bulan berlalu.

Karenanya korban membuat laporan polisi dengan nomor LP/ 3368 /VI/2018/PMJ/Ditreskrimum atas dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan ABM.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved