Otomotif

New Isuzu GIGA Tractor Head, Hadir 4 Varian dengan Daya Angkut hingga 46,1 Ton

Truk ini diklaim menjadi solusi bagi pebisnis dengan adanya regulasi truk over dimension dan overloading (ODOL) yang mulai ditindak tegas pemerintah.

New Isuzu GIGA Tractor Head, Hadir 4 Varian dengan Daya Angkut hingga 46,1 Ton
Warta Kota/Mochammad Dipa
GM Sales Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yohannes Pratama (kiri ke kanan); Director Marketing, Sales, and Aftersales Commercial Vehicle IAMI Takuji Kani; Direktur Marketing Light Commercial Vehicle IAMI Joen Boedi Putra; dan GM Marketing Division IAMI Attias Asril, berfoto bersama di depan unit New Isuzu GIGA Tractor Head GIGA GXZ 60 K ABS (N) yang baru diluncurkan di The Terrace Golf Senayan, The Maj, Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019). 

MENGAWALI tahun 2019, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kian agresif membidik pasar truk dengan melakukan peluncuran New Isuzu GIGA Tractor Head di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Truk yang bermain di segmen kategori tiga ini diklaim menjadi solusi bagi pebisnis dengan adanya regulasi truk over dimension dan overloading (ODOL) yang mulai ditindak tegas pemerintah.

Unggul dari Kompetitor, Isuzu Traga Tawarkan Mesin Tangguh dan Bak Lebih Besar

Isuzu Elf NMR 81, Truk Ringan Pertama di Indonesia yang Menggunakan Mesin Commonrail

Menurut aturan pemerintah, truk berukuran menengah dengan dua sumbu memiliki bobot maksimal 16 ton, dan tiga sumbu beban maksimalnya 26 ton. Tapi kenyatannya, berat yang diangkut selalu melebihi kapasitas.

Kondisi tersebut terjadi akibat tingginya biaya operasional, sehingga memaksa pebisnis memangkas dengan melakukan satu pengiriman yang berujung pada muatan overload.

“Jika dibedah lebih dalam, cost (biaya) yang paling besar adalah operasional. 53 persennya dari konsumsi bahan bakar solar. Ini yang menjadi perhatian kita, gimana caranya menekan owning cost (biaya kepemilikan) dan juga biaya operasional,” ungkap GM Sales Division IAMI, Yohannes Pratama, dalam peluncuran New Isuzu GIGA Tractor Head di The Terrace Golf Senayan, The Maj, Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Dengan makin ketatnya peraturan pemerintah, kini banyak pebisnis mulai beralih dari sebelumnya menggunakan truk rigid ke tractor head. Secara kemampuan, jenis tractor head memiliki daya tampung yang lebih besar sehingga bisa memberikan solusi.

Keamanan dan kenyamanan

New Isuzu GIGA Tractor Head, diluncurkan di Jakarta, Kamis (24/1/2019).
New Isuzu GIGA Tractor Head, diluncurkan di Jakarta, Kamis (24/1/2019). (Warta Kota/Mochammad Dipa)

New Isuzu GIGA Tractor Head ini diklaim memiliki daya angkut 32,7 ton sampai 46,1 ton. Isuzu juga menyediakan empat varian yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen, yakni GIGA GXZ 60 K ABS (N), GIGA GVZ 34 K HP ABS (N), GIGA GVR 34 J HP ABS (N), dan GIGA FVR 34 P TH (N).

Direktur Marketing Light Commercial Vehicle IAMI, Joen Boedi Putra menjelaskan, perbedaan yang menonjol di New Isuzu GIGA Tractor Head adalah dari sektor keamanan dan kenyamanan. Sebab, kendaraan itu sudah dilengkapi rem angin, pengereman ABS (anti-lock braking system) dan jok yang dibekali suspensi.

"GXZ 60 K dengan fitur ABS merupakan varian baru. Mesinnya juga baru, 6NX1-TCS. Tenaganya lebih besar, 345 daya kuda dan torsi 1.323 Newton meter. Kami tambah mesin baru, ada permintaan dari pasar dan muatan lebih berat," tuturnya.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved