Dari Balik Semak Menuju Modernisasi di Kantin Balsem FISIP Universitas Indonesia

"Coba saja tanya mahasiswa UI pasti tahu deh kantin Balsem. Bahkan mahasiwa dari luar juga tahunya kantin UI ya Balsem."

Dari Balik Semak Menuju Modernisasi di Kantin Balsem FISIP Universitas Indonesia
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Suasana kantin Balsem di FISIP UI, Depok, setelah direnovasi oleh PT Mayora Indah Tbk, Selasa (16/10/2018). 

WARTA KOTA, DEPOK--- Tiap Fakultas di Universitas Indonesia memiliki kantin. Namun, wajah kantinnya berbeda-beda yang seakan menggambarkan suasana fakultas tersebut.

Misalnya,  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam punya kantin yang disebut 'DPR' sebagai akronim di bawah pohon rindang.

Ada juga Kansas (kantin Sastra) yang berada di FIB- Fakultas Ilmu Budaya (sebelumnya bernama Fakultas Sastra), dan  Balsem yang berada di Fakultas Ilmu sosiologi dan Politik (FISIP).

Balsem alias 'balik semak'. Kantin ini, dulunya, berada di balik pepohonan yang rimbun. Jika melangkah dari FIB, kantin balsem tidak terlihat karena berada di balik pohon-pohon yang menjulang dan semak-semak.

Mereka yang ingin ke kantin balsem harus melalui jalan setapak sempit yang di sisi kiri-kanan pepohonan. 

Mahasiswa yang makan di Balsem bisa menikmati keteduhan, tempat makan terbuka, dan angin mengalir bebas.

Tiap mahasiswa tentu memiliki kebanggan terhadap kantin di fakultas masing-masing. Namun, kantin Balsem dianggap lebih populer di kalangan internal mahasiswa UI, bahkan di luar UI.

Baca: Wajah Baru Kantin Balsem FISIP Universitas Indonesia dari Mayora untuk Kenyamanan Mahasiswa

"Coba saja tanya mahasiswa UI pasti tahu deh kantin Balsem. Bahkan mahasiwa dari luar juga tahunya kantin UI ya Balsem," ujar Dwi, alumnus jurusan Bahasa Indonesia kepada Warta Kota.

Menurutnya, selain makanan dan minuman yang disediakan enak, suasana kantin juga sangat mendukung untuk 'nongkrong' dan makan.

Walaupun sudah dianggap nyaman, namun perbaikan perlu juga dilakukan di kantin kebanggan mahasiswa FISIP dan UI pada umumnya.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved