Kamis Besok 65 Gitaris dan Penyanyi Galang Dana Untuk Korban Gempa Bumi dan Tsunami di BBJ

Sekitar 65 gitaris dan penyanyi, berikut 5 penyair, akan mengekspresikan rasa empati serta ungkapan doa demi menguatkan para korban terdampak bencana.

Kamis Besok 65 Gitaris dan Penyanyi Galang Dana Untuk Korban Gempa Bumi dan Tsunami di BBJ
Istimewa
Sejumlah 65 gitaris dan penyanyi, berikut 5 penyair, akan mengekspresikan rasa empati serta ungkapan doa demi menguatkan para korban terdampak bencana. 

SEBAGAI wujud kepedulian terhadap peristiwa gempa bumi dan tsunami yang belum lama ini melanda sebagian kawasan di Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat, para gitaris Indonesia bersama dengan Harian Kompas serta Bentara Budaya Jakarta (BBJ) menggelar acara Gitaris Indonesia Peduli Negeri: Musik dan Syair Solidaritas.

Acara akan digelar besok Kamis, 11 Oktober 2018 pukul 19.00 WIB di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta.

Sejumlah 65 gitaris dan penyanyi, berikut 5 penyair, akan mengekspresikan rasa empati serta ungkapan doa demi menguatkan para korban terdampak bencana.

Melalui lantunan musik dan puisi, para seniman ini ingin membagikan pesan kebersamaan sekaligus menggugah khalayak untuk terus membantu pemulihan daerah terdampak bencana lewat berbagai dukungan cara dan donasi.

Para musisi yang berpartisipasi dalam acara ini antara lain: Ade Govinda, Adeavery, Adrian Adioetomo, Agam Hamzah, Andra Ramadhan, Andy Rif, Armand Maulana, Baim, Balawan, Baron, Bengbeng (Pass Band), Boris (Flower), Budi Drive, Coki NTRL, Denny Chasmala, Dewa Budjana, Diat (Yovie & Nuno), Didi Crow (Roxx), Doni Suhendra, Edo (Voodo), Edwin Cokelat, Ebiet G. Ade, Eet Sjahranie, Endah (Endah n Rhesa), Eross, Fajar Adinugroho, Gatz, Gerald Situmorang, Gugun (GBS), Gusti Hendy, Ian Antono, Iga Massardi (Barasuara), Iman Jrocks, Irfan Samson, Irvan Borneo, Jarwo Naif, Jikun/Rif, John Paul Ivan, Jopie Item, Jubing Kristianto, Kongko (Electric Cadillac), Mecko Kaunang, Nathania, Nissan Fortz, Noldy, Oele Pattiselanno, Once, Oppie Andaresta, Pay BIP, Rama D’Masiv, Rama Nidji, Reney Karamoy, Ridho Hafiedz (Slank), Shadu Rasjidi, Sony Jrocks, Stephan Santoso (Musikimia), Taraz (The Rock), Thomas Ramdhan, Tohpati, Toto Tewel, Utox, Yai Item, Yandi Andaputra, Yankjay, dan Zendy Kusuma.

Mereka akan membawakan sepilihan lagu yang selaras dengan langgam gaya musikalnya masing-masing, misalnya formasi blues, rock, akustik, dan jazz. Ada pula komposisi yang dipersembahkan oleh gitaris generasi terkini serta penampilan khusus dari para legenda gitaris Indonesia.

Adapun seniman yang membacakan sajaknya ialah Inaya Wahid, Joko Pinurbo, Maryam Supraba, Sapardi Djoko Damono, dan Saras Dewi.

Mereka akan mempersembahkan puisi yang merespon peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala pada 28 September 2018 silam berikut berbagai peristiwa bencana alam lain di negeri ini.

Penyair Sapardi Djoko Damono juga akan melelang lukisan karyanya sebagai bentuk donasinya.

“Acara ini sebenarnya bermula dari ide spontan tentang bagaimana cara turut menggugah kepedulian terhadap peristiwa bencana. Ternyata niatan ini disambut sangat antusias oleh kawan-kawan musisi dan penyair. Banyak seniman yang ingin berpartisipasi. Melalui musik dan puisi, para seniman ingin mengirimkan pesan cinta kepada saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Semoga semangat ini dapat mengetuk lebih banyak hati para dermawan dalam membantu saudara-saudara kita yang tengah tertimpa musibah,” ujar Putu Fajar Arcana, Ketua Panitia, sembari menambahkan bahwa donasi kepedulian dapat disalurkan melalui Dana Kemanusiaan Kompas Bank BCA rek. 0123021433.

Selain lewat cara mentransfer bantuan ke nomor rekening tersebut, hadirin acara ini juga dapat menyumbang dengan lelang tempe pangan lokal, lelang gitar, lelang karikatur, dan kotak donasi yang seluruh hasilnya diamalkan bagi para korban bencana.

Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved