Gempa Donggala Palu

Gempa dan Tsunami Palu, SBY Minta Jokowi Jangan Kampanye

SBY minta agar Joko Widodo selaku Calon Presiden Republik Indonesia petahana menghentikan seluruh kegiatan kampanyenya saat ini.

Gempa dan Tsunami Palu, SBY Minta Jokowi Jangan Kampanye
print screen/youtube
Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di The Yudhoyono Institute menginmbau kepada Presiden Jokowi agar menghentikan kampanye saat terjadi musibah besar seperti gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. 

PRESIDEN Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY minta agar Joko Widodo selaku Calon Presiden Republik Indonesia petahana menghentikan seluruh kegiatan kampanyenya saat ini.

Alasannya, Jokowi-sapaan Joko Widodo; harus fokus melakukan operasi penyelamatan, mulai dari tanggap bencana hingga rekonstruksi wilayah terpapar bencana.

Hal tersebut diungkapkan SBY lewat channel Youtube miliknya @SusiloBambangYudhoyono pada Minggu (30/9/2018) malam.

Dalam video berdurasi tiga menit 20 detik itu, SBY menimbang soal kedatangan Jokowi pada hari ketiga setelah gempa bumi, yakni Minggu (30/9/2018) serta posisinya yang tengah menjalani rangkaian kampanye.

"Meskipun tidak sebesar dan sedasyat gempa bumi dan tsunami di Aceh dan Nias dulu, kali ini memang, gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah juga besar, korbannya kita saksikan juga besar. Oleh karena itu, tindakan cepat pak Presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat," jelas SBY.

Baca: Ustaz Abdul Somad Akui Kagumi Che Guevara

Baca: LIVE STREAMING : Timnas U-16 Indonesia Vs Australia, Menuju Tiket Piala Dunia 2019

Baca: Unida Gontor Kembangkan Kerjasama dengan Dua Universitas Terkemuka Rusia

Dengan datang langsung ke daerah bencana, lanjutnya, Jokowi dapat melihat situasi, mengambil keputusan dan nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat, tapi juga efektif.

Dalam keadaan seperti ini, SBY berpendapat dan menyarankan agar kegiatan kampanye pemilu dihentikan untuk sementara waktu di Sulawesi Tengah, Palu, Donggala dan sekitarnya.

"Saya kira saatnya kita menunjukkan solidaritas untuk saudara-saudara kita yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengatasi bencana ini. Baik pada fase tanggap darurat, atau apabila saatnya rehabilitasi dan rekonstruksi," ungkap SBY.

Kejadian serupa dikenangnya ketika dirinya mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2009 lalu.

Kala itu, Bendungan Situ Gintung jebol dan menyapu puluhan rumah di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved