Jembatan Indiana Jones di Srengseng Sawah Mulai Dibangun

Pada Jumat (4/5), Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi beserta rombongan telah memastikan dimulainya pembangunan jembatan gantung itu.

Jembatan Indiana Jones di Srengseng Sawah Mulai Dibangun
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suasana Jembatan "Indiana Jones" di Srengseng Sawah yang mulai dibangun, Jumat (4/5). 

PENANTIAN warga di sekitar jembatan gantung di RT12/02 Srengseng Sawah agar jembatan itu diperbaiki akhirnya terbayar.

Pada Jumat (4/5), Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi beserta rombongan telah memastikan dimulainya pembangunan jembatan gantung itu.

Tri, bersama Kepala Dinas Bina Marga Yusmada dan Direktur PT Wiratman Meilani melakukan Ground Breaking atau peletakan batu pertama pembangunan jembatan yang dikatakan mirip dengan setting pada film yang dibintangi Indiana Jones.

Suasana Jembatan
Suasana Jembatan "Indiana Jones" di Srengseng Sawah yang mulai dibangun, Jumat (4/5). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

"Warga menyambut gembira adanya ground breaking ini setelah sejak tahun 2012 hanya mendapat kabar-kabar saja," kata Neddy, ketua RW 02 kepada Warta Kota.

Ground Breaking itu dilakukan sebagai tanda dimulainya pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan antara wilayah Kelurahan Srengseng Sawah Jagakarsa dengan wilayah Kecamatan Cimanggis, Depok.

Sebelumnya, jembatan itu hanya beralaskan seng dan ditopang blok kayu. Pegangan jembatan juga hanya sebatas sling baja yang disambungkan ke pohon. Beberapa tali pun terlihat rusak dan menjuntai tak teratur.

Jembatan itu juga tidak rata sepenuhnya. Bagian tengahnya bahkan miring beberapa derajat.

Neddy mengungkapkan, meskipun kondisinya memprihatinkan dan ada imbauan agar jembatan tak dilintasi, namun selama ini masyarakat tetap saja melintas. Sebab tak ada pilihan lain, kata Neddy. Sementara, jika memutar menuju jembatan besar, membutuhkan waktu lebih lama.

"Sebab itu jalan pintas yang menghubungkan dua daerah. Banyak orang seberang (Depok) beraktifitas di sini, baik sekolah atau kerja. Begitu juga sebaliknya. Jadi, bisa dibilang jembatan gantung itu jadi akses vital warga," ungkapnya.

Usai melakukan peletakan batu pertama, Tri mengungkapkan dirinya berharap jembatan dengan panjang 51 meter dan lebar 2 meter itu akan memberi manfaat untuk masyarakat baik warga Jakarta Selatan maupun warga Depok.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved