Pipa PGN di Cawang Bocor karena Terkena Galian Proyek LRT

Pipa gas bumi milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (13/3/2018) malam, bocor.

Pipa PGN di Cawang Bocor karena Terkena Galian Proyek LRT
Warta Kota/Joko Supriyanto
Petugas tengah mengali tanah untuk mengetahui lokasi titik bocornya pipa. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pipa gas bumi milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (13/3/2018) malam, bocor.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, kebocoran terjadi karena terkena galian proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

"Sementara yang kami peroleh, gas bocor akibat terkena pekerjaan galian proyek LRT," kata Rachmat Hutama melalui keterangan tertulis, Senin (12/03/2018).

Baca: Proyek Sangkuriang Rehab Total 100 Sekolah di Jakarta Bakal Terlambat Rampung

Akibat kebocoran gas tersebut, pelanggan gas bumi, khususnya di kawasan Bidara Cina dan Kalibata, akan terkena imbasnya. Agar pasokan gas tetap diterima pelanggan, Tim PGN akan melaksanakan skema buka tutup valve.

"Tujuannya untuk menjaga supaya gas tidak keluar dan tidak banyak lokasi terdampak penghentian sementara ini," jelasnya.

Rahmat menyebutkan, ini bukan pertama kali pipa gas PGN terkena proyek LRT. Hal tersebut terjadi karena pelaksana subkontraktor proyek LRT tidak berkoordinasi dengan kontraktor proyek.

Baca: Pembebasan Lahan Tak Kunjung Beres, Relokasi Warga Gang Arus Menggantung

Namun, secara kualitas, pipa gas bumi milik PGN di lokasi tersebut sudah melalui tes pit dan PCM.

"Saat ini yang terpenting, tim di lapangan sudah mengamankan kebocoran, dengan tindakan awal kami adalah menutup valve di depan BNN, Cawang, dan Rusun Bidara Cina," papar Rachmat. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved