Hewan Langka Dijual Lewat Instagram, Harganya Mencapai Rp 60 Juta

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Ahmad Yusef menjelaskan bahwa berdasarkan pemeriksaan bahwa hewan-hewan itu dilindungi.

Hewan Langka Dijual Lewat Instagram, Harganya Mencapai Rp 60 Juta
Warta Kota/Bintang Pradewo
Polda Metro Jaya ungkap aksi penjualan hewan langka melalui Instagram. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Penyidik dari Unit V Sub Direktorat 3 Sumdaling Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus penjualan dan pemeliharaan satwa langka yang dilindungi.

Bahkan hewan langka tersebut dijual dengan angka sebesar Rp 60 juta.

Pengungkapan kasus itu berawal dengan adanya laporan dari masyarakat terkait adanya warga yang berinisial AM, di kawasan Jalan Bambu, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, memelihara sejumlah satwa langka yang dilindungi.

Lantas penyidik langsung mendatangi lokasi dan menangkap tersangka AM di rumahnya Itu, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa pagi tadi 4 April 2017.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Ahmad Yusef menjelaskan bahwa berdasarkan pemeriksaan bahwa hewan-hewan itu dilindungi peredaranya.

Dengan ada itu penyidik bersama KSDA melakukan penyelidikan di Pejaten ternyata benar rumah itu ada 3 jenis binatang yang dilindung tersebut.

"Kalau dari hasil data pemeriksan, yang pertama disampaikan untuk hewan hewan tersebut merupakan hewan hewan yang dilindungi peredarannya. Kalau ada yang menguasai secara resmi dan legalitas akan mendapatkan izin dari BKSDA, tapi itu mesti dari kebun binatang dan tempat lainnya," kata Yusef di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2017).

Tiga satwa yang dilindungi yang ditemukan dirumah tersangka AM itu yakni, seekor Harimau Dahan (Nofelis Nebulusa) dari Sumatera, seekor Beruang Madu (Helarctos Malaynus) dari Kalimantan Timurdan seekor Orang Utan (Pingin Pygmaeus).

Harga tiga satwa itupun fantastis, harga Harimau Daun dibandrol Rp 60 juta, sementara Beruang Madu Rp 25 juta dan Orang Utan Rp 16 juta.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved