Asyiknya Kisah Mitologi Taoisme di Kelenteng Tua Lasem

Dinding sejumlah kelenteng tua di Lasem, Kabupaten Rembang, dipenuhi mural tentang kisah dewa-dewi Taoisme.

Asyiknya Kisah Mitologi Taoisme di Kelenteng Tua Lasem
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Salah satu pengurus klenteng menunjukkan panel-panel mural Klenteng Cu Ang Kiong yang terletak di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Mural monokrom hitam putih itu berasal dari 100 panel ‘komik’ Fengshen Yanyi dikenal juga dengan nama Fengshenbang atau Kisah Mitologi Dewa-Dewa Taois karya Xu Zhonglin. Fengshen Yanyi ditulis pada masa Dinasti Ming (1368-1644) dan diterbitkan pada tahun 1550. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Dinding beberapa kelenteng tua di Lasem, Kabupaten Rembang, dipenuhi mural tentang kisah dewa-dewi Taoisme. Gambarnya bervariasi dan penuh misteri.

Ada gambar prajurit yang tengah berkuda sambil memegang tombak, ada juga gambar rumah-rumah bergaya China.

Aksara Mandarin turut menghiasi setiap gambar yang berbentuk persegi.

Beberapa panel mural masih memerlihatkan kualitas gambar yang tajam. Gambar pada beberapa panel lainnya sudah sedikit pudar.

Aneka gambar yang menyita pandangan itu langsung menyambut begitu saya masuk ke bagian dalam Kelenteng Cu Ang Kiong di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, siang itu.

Sejenak saya menerka-nerka apa maksud dan kisah di balik gambar itu.

Gambar-gambar itu terlihat di bagian kiri dan kanan ruang depan kelenteng.

Dinding bergambar juga terlihat di dekat altar pemujaan Dewi Mak Co, Dewi Samudra yang menjadi dewa utama di Kelenteng Cu Ang Kiong. 

Di dekat altar, panel-panel gambar itu menjulang hingga ke atap. Interior di dua kelenteng lainnya yaitu Poo An Bio dan Gie Yong Bio pun memiliki gambar serupa. 

Rasa ingin tahu pun meledak. Saya mencoba bertanya kepada salah satu sesepuh di Kelenteng Cu Ang Kiong, yaitu Opa Gandor. Kebetulan ia sedang berada di kelenteng saat saya berkunjung.

Halaman
123
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved