Tips Sehat

Sahur Hindari Minum dan Makan yang Manis

Agar puasa Anda kuat dan tak lapar sepanjang hari lebih baik hindari makan dan minum yang manis saat sahur

Sahur Hindari Minum dan Makan yang Manis
shutterstock/kompas.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH - Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Bulan bagi umat Islam yang wajib menjalankan ibadah puasa. Nah agar berpuasa dapat berjalan lancar maka ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Indonesia, Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK mengatakan, agar lapar tak begitu terasa pada bulan puasa maka hindari makan dan minum yang manis saat sahur.

Sebab makanan dan minuman yang manis membuat gula dalam darah cepat naik dan turun. Kondisi itu lah yang membuat rasa lapar timbul.

"Yang perlu diperhatikan saat sahur adalah jangan makan dan minum yang manis. Karena yang manis membuat rasa lapar cepat bangkit," kata Fiastuti dalam acara Zespri Kampanyekan Makan Pagi Sehat dengan Buah Kiwi.

Fiastuti menerangkan bahwa saat sahur yang perlu diperhatikan adalah terpenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Saat sahur disarankan minum air putih sebanyak tiga gelas. Hindari minum kopi, karena membuat buang air kecil jadi banyak.

Fiastuti menuturkan untuk menjaga tubuh tetap prima saat berpuasa maka sehabis salat subuh tidak berolahraga.

Keluarnya cairan tubuh berupa keringat saat berolahraga membuat kebutuhan air dalam tubuh berkurang dan dapat menimbulkan dehidrasi.

Oleh karena itu olahraga lebih baik dilakukan menjelang buka puasa atau pada malam hari.

"Pada siang hari di luar ruangan jangan beraktivitas banyak. Sebab tubuh akan berkeringat. Cairan tubuh berkurang maka tubuh pun akan lemas. Jika lemas ibadah pun akan terganggu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved