Server Sistem Lelang Terganggu, 66 Proyek Pembangunan di Kabupaten Bekasi Ditunda

Sebanyak 66 proyek pembangunan di Kabupaten Bekasi dipastikan tertunda. Hal dikarena sistem pada proses lelang mengalami gangguan.

Server Sistem Lelang Terganggu, 66 Proyek Pembangunan di Kabupaten Bekasi Ditunda
Kompas.com
ngin mencari barang dengan cara ikut lelang? Kenapa tidak? Dengan perkembangan teknologi digital, sekarang ikut lelang bisa secara online dan tidak repot. 

Sebanyak 66 proyek pembangunan di Kabupaten Bekasi dipastikan tertunda. Hal dikarena sistem pada proses lelang mengalami gangguan.

"Ya tiga pekan lalu sistem lelang down. Jadi ada 66 proyek pembangunan yang nilainya diatas Rp 200 juta tertunda," kata Kepala Bagian Unit Lelang Pengadaan (ULP) Kabupaten Bekasi, Yanyan Akhmad, Minggu (12/5/2019).

Yanyan menuturkan gangguan atau kondisi sistem yang down membuat proses lelang yang sedang berlangsung terhambat.

Ngga Perlu Ribet Lagi, Tinggal Klik di 3 Aplikasi Ini Bila Ingin Beli, Sewa, atau Lelang Mobil Bekas

"Lelang yang sudah naik jadi terkena imbasnya jadi harus diundur untuk proses lelangnya," katanya.

Ia mengatakan setiap kegiatan tidak bisa terlaksana sebelum ditempuh terlebih dahulu proses lelangnya, pasalnya sesuai peraturan anggaran pemerintah, di atas Rp 200 juta harus dilelang terlebih dahulu sebelum ditunjuk pelaksana kegiatannya.

Ilustrasi. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ( DJKN) Kementerian Keuangan akan kembali menggelar lelang sejumlah barang pada 24-26 April 2019.
Ilustrasi. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ( DJKN) Kementerian Keuangan akan kembali menggelar lelang sejumlah barang pada 24-26 April 2019. (thinkstockphotos)

"Kalau kegiatan pembangunan dibawah Rp 200 juta aman tidak terganggu. Ini yang diatas Rp 200 juta mundur akibat server lelang down. Tapi saat ini sudah berangsur normal," ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Telesandi Kabupaten Bekasi, Beni Saputra membenarkan bahwa Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) sedang lemah.

 Jalan Licin dan Sempit, Pengelola Harus Bikin Akses untuk Angkut Sampah di Kolong Tol Wiyoto Wiyono

 Enam RT Perumahan Rawan Banjir, Pelaksana Proyek Jalan Tol: Tidak Ada Drainase Tertutup

 BPJT Lelang Enam Proyek Jalan Tol Tipe Proyek Unsolicited, Adakah Berminat?

Hal itu dikarenakan sedang dilakukanny peningkatkan sistem atau upgrade.

“Sistem SPSE kami minta upgrade, jadi harus kami lakukan upgrade sistem. Ini bukan terjadi di Kabupaten Bekasi, wilayah lain juga alami itu. Jadi harus diperbaiki terlebih dahulu,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved