Berita Video

Video : Begini Api yang Melalap Gereja Notre Dame di Jantung Kota Paris

Gereja Notre Dame di Kota Paris terbakar. Begini suasana terbakarnya gereja bersejarah itu yang berada di jantung kota Paris, Prancis

Kebakaran yang terjadi pada Senin (15/4/2019) malam itu dengan cepat menghancurkan dua menara persegi katedral. Asap hitam pekat membubung ke angkasa.

Di sepanjang Jembatan Pont au Change yang menghubungkan Ile de la Cite dengan Tepi Kanan, orang-orang memandang gereja berusia 850 tahun itu dalam kesunyian.

Banyak yang menyanyikan lagi "Ave Maria" dalam bahasa Latin. Tak terkecuali Stephane Seigneurie yang tinggal di ibu kota Perancis itu selama 25 tahun terakhir.

Sejarah Katedral Notre Dame, Saksi Bisu Peperangan Besar Dunia

"Saya sering datang ke Notre Dame, bahkan ketika tidak ada misa sekalipun. Sebab, tempat itu menakjubkan dan menjadi satu dalam bagian sejarah Paris," kata Seigneurie dilansir AFP.

Media lokal Perancis seperti dikutip Sky News memberikan, terdapat korban luka, yaitu salah satu anggota pemadam kebakaran. Polisi yang menangani kasus itu menyebutnya sebagai "kecelakaan".

BBC mewartakan, tidak diketahui penyebab pasti api bisa melalap katedral Gotik itu.

Namun, hal itu diduga berkaitan dengan pekerjaan renovasi yang ada di sana.

Tim pemadam kebakaran mengerahkan 400 anggota dari seluruh Perancis, termasuk menggunakan 18 selang bertekanan tinggi dan berjibaku selama berjam-jam.

Rektor katedral Patrick Chauvet memaparkan, pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan sejumlah barang bersejarah penting, seperti Mahkota Duri Suci, dan mahkota yang dikenakan Raja Louis.

UPDATE Kebakaran Katedral Notre Dame, Menara Runtuh Tapi Salib Utama di Altar Tetap Utuh

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengusulkan agar digunakan pesawat tanker untuk menjatuhkan air di atas gereja melalui twit-nya. Namun, usul itu tak digunakan.

Presiden Perancis Emmanuel Macron yang mengunjungi Notre Dame tak kuasa membendung air mata dan dengan emosional mengatakan, "Yang terburuk sudah dihindari."

Kepada setiap orang yang hadir di sana, Macron berjanji bakal membangunnya kembali. "Ini adalah sejarah, imajinasi, tempat kita bisa mengalami petualangan hebat," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Hebat Hancurkan Menara Gereja Notre Dame di Paris", https://internasional.kompas.com/read/2019/04/16/06254741/kebakaran-hebat-hancurkan-menara-gereja-notre-dame-di-paris.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Penulis: Alex Suban
Editor: Alex Suban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved