Pria Berhijab Kerabat Prabowo Subianto yang Bobol ATM Diduga Tidak Bekerja Sendirian

Jadi memang harus diselidiki apakah ini kelompok dan perorangan," kata Heru kepada wartawan Minggu (24/3/2019).

Pria Berhijab Kerabat Prabowo Subianto yang Bobol ATM Diduga Tidak Bekerja Sendirian
Instagram/Ramyadjie
Ramyadjie Priambodo, kerabat jauh Prabowo Subianto, tersangka pembobol ATM melalui aksi skimming. 

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi menduga kerabat jauh Prabowo Subianto yakni Ramyadjie Priambodo tidak bekerja sendiri dalam melakukan aksi kejahatan skimming atau pembobolan ATM (anjungan tunai mandiri).

“Memang kadang-kadang ada orang mau main aman main sendiri, tapi agak susah kalau main sendiri. Jadi memang harus diselidiki apakah ini kelompok dan perorangan," kata Heru kepada wartawan Minggu (24/3/2019).

VIDEO: MRT Diresmikan Jokowi, Andien Aisyah Minta Warga Menjaga Sebagai Aset Bersama

Heru menyebut, sejauh ini pelaku kejahatan skimming umumnya bekerja secara berkelompok dan bisa beroperasi di lintas negara. Namun, ada pula yang bermain perorangan dan hanya bertukar informasi dengan jaringan kelompok lainnya.

“Memang dia keliling dunia mainnya seperti itu. Jadi, ada yang perorangan dan ada yang berkelompok mafia internasional. Pemainnya sudah banyak, kalau kita lihat juga warga negara asing ditangkap,” ujarnya.

Heru beranggapan, kasus skimming ini merupakan kejahatan kriminal. Para pelakunya memiliki tujuan utama untuk mendapatkan uang meskipun cara dan risiko yang dihadapinya tidak mudah.

VIDEO: Ajak Masyarakat Susur Ciliwung, Pemprov DKI Kampayekan Pentingnya Air Bersih

“Ya ini kejahatan kriminal, utamanya untuk mendapatkan uang, memang tidak mudah juga tapi kan mendapatkan uang secara tidak sah secara ilegal, pencurian,” tandasnya.

Ramyadjie Priambodo sebelumnya ditangkap petugas Polda Metro Jaya karena diduga melakukan pembobolan ATM. Kemudian, polisi juga menyita satu unit mesin ATM.

Selain itu, polisi juga menyita barang bukti berupa peralatan skimming, laptop, telepon genggam dan beberapa kartu ATM yang sudah dimodifikasi. Kemudian, polisi juga menemukan uang senilai Rp 300 juta.

VIDEO: Enam Guru Honorer di Tangerang Dipecat Setelah Berpose Jari Ala Pendukung Prabowo Sandi Viral

Ramyadjie menutupi wajah dengan masker dan memakai hijab seperti wanita saat menjalankan aksinya. Karena, hal itu terungkap melalui rekaman kamera pengawas atau CCTV yang dipasang di lokasi ATM daerah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved