Berita Video

VIDEO: Ajak Masyarakat Susur Ciliwung, Pemprov DKI Kampayekan Pentingnya Air Bersih

Camat Jagakarsa, Mundari menyebut, pihaknya sudah mendata beberapa usaha yang berada di bantaran Ciliwung dan membuang limbahnya langsung ke sungai.

Peringatan Hari Air Sedunia tingkat Provinsi DKI Jakarta dihadiri ratusan orang, dari kalangan komunitas atau pegiat lingkungan hidup, murid sekolah hingga warga.

Kegiatan dipusatkan di bantaran Sungai Ciliwung di Komplek Asrama Lingkungan Hidup, Jalan Camat Gabun 1, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019).

Kegiatan diawali dengan susur sungai, mulai dari bantaran Ciliwung di Gang Arus Srengseng Sawah hingga ke Lenteng Agung sepanjang 6 kilometer.

Ratusan orang menaiki perahu karet dan merasakan sensasi luar biasa ketika berkesempatan menyaksikan keasrian Ciliwung.

VIDEO: MRT Diresmikan Jokowi, Andien Aisyah Minta Warga Menjaga Sebagai Aset Bersama

Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di sepanjang jalur susur itu memang masih cukup alami. Di sisi kanan sungai pepohonan juga masih cukup rindang.

Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta, Oswar Mungkasa mengungkapkan, peringatan Hari Air Sedunia sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih.

Sebab, saat ini ketersediaan air bersih di Jakarta baru mencapai 50-60 persen dan masih perlu untuk ditingkatkan.

VIDEO: Antrean Ujicoba MRT Mengular, Warga Banyak yang Batalkan Naik Kereta Bawah Tanah

"Ketersediaan air bersih harus kita jaga. Meningkatkan peran serta masyarakat, komunitas, dunia usaha, untuk turut mendukung ketersediaan air bersih. Sebab, air bersih adalah hak dasar," ungkapnya.

Oswar mengungkapkan, Pemprov DKI telah berkomitmen menjadikan Jakarta sebagai kota hijau yang lestari dengan pembangunan yang berkelanjutan. Salah satu upayanya yakni dengan menciptakan Jakarta bebas pencemaran air," kata dia.

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengungkapkan, penyusuran Sungai Ciliwung sebagai kampanye kepada masyarakat terkait pentingnya keperdulian terhadap kualitas air sungai.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved